www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Untuk Melahirkan Generasi Cinta Alqur’an, Kecamatan Tanah Luas Gelar MTQ Tingkat Kecamatan

0 669

Acehasia.com | Aceh Utara -Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan di Kabupaten Aceh Utara terus digalakkan demi melahirkan bibit-bibit terbaik untuk mewakili MTQ tingkat Kabupaten, Provinsi Aceh, bahkan Nasional dan Internasional. Kali ini, MTQ ke 35 tingkat Kecamatan berlangsung di Kecamatan Tanah Luas.

MTQ Kecamatan Tanah Luas yang dipusatkan di lapangan Pertamina Hulu Energi (PHE) tepatnya di Desa Rangkaya, dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, pada Jum’at (24/01/2020) malam. MTQ ini mengambil tema “Musabaqah Tilawatil Qur’an Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Yang Qur’ani”.

Ketua Panitia, Tgk Saifuddin H Abdullah, dalam sambutannya mengatakan MTQ tersebut dilaksanakan dengan beberapa tujuan yaitu menciptakan generasi Qur’ani yang cinta membaca Alqur’an dan mampu memahamikan kandungannya serta mau menerapkan dan mengimplementasikan didalam kehidupan sehari-hari.

“MTQ ini akan berakhir pada 28 Januari 2020. Dan, sebagai wahana mencari bibit-bibit terbaik yang akan mewakili Kecamatan Tanah Luas pada event Musabaqah tingkat Kabupaten Aceh Utara yang ke 35 yang kita harapkan agar digelar di tempat ini yaitu di Kecamatan Tanah Luas,” ujar Tgk Saifuddin.

Sementara itu disebutkan, para peserta putra dan putri dengan jumlah 132 orang akan bersaing pada delapan cabang perlombaan yakni Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Hifdil Qur’an, Qira’ah Saba’ah, Musabaqah Maqalah Qur’an, dan Musabaqah Khatil Qur’an.

“Dimana MTQ pada tahun ini diikuti oleh tiga Kafilah yaitu masing-masing Kafilah dari Kemukiman Seleumak Barat, Kafilah dari Kemukiman Teungoh dan Kafilah dari Kemukiman Matang Pangkat. Jumlah total peserta seluruhnya ada 132 orang peserta. Kami harap, melalui momen ini nantinya bisa menjadikan tempat ini sebagai MTQ tingkat Kabupaten,” tandas Tgk Saifuddin seraya berharap.

Sementara Wakil Bupati Aceh Utara mengatakan, pihaknya telah menyiapkan SK untuk MTQ tingkat Kabupaten Aceh Utara yang kedepannya akan digelar di Kecamatan Tanah Luas. Maka oleh karena itu, pelaksana MTQ di setiap Kecamatan, kata Fauzi Yusuf, tak terlepas dari Visi dan Misi yaitu Bersemi, Berbudaya, Sejahtera, Mandiri, dan Islami.

“Kalau secara Pemkab Aceh Utara, SK sudah ada untuk MTQ tingkat Kabupaten Aceh Utara yang akan kita laksanakan di tempat ini. Dan harapan kepada tokoh masyarakat di Kecamatan ini untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas maupun tempat tinggal bagi kafilah-kafilah yang ada di 27 Kecamatan,” kata Fauzi. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More