www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

UNICEF Dukung Program Pencegahan Covid Banda Aceh

0 441

Acehasia.com | Banda Aceh – Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNICEF, yang masih bekerja di Aceh memberikan bantuan dukungan berupa alat dan bahan disinfektan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh.

Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman kepada sejumlah perwakilan Masjid dari sembilan kecamatan se-Kota Banda Aceh, Senin 18 Mei 2020 di Pendopo wali kota.

Untuk tahap ini, pihak UNICEF memberikan bantuan dengan total 37 paket.

Dukungan ini diberikan dalam rangka mendukung Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh dalam upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di bidang air, sanitasi dan Hygiene.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para camat se-Kota Banda Aceh, para perwakilan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) masing-masing kecamatan dan sejumlah SKPK lainnya.

Pimpinan Unicef Aceh, M Apriyanto Kurniawan mengatakan, bantuan hanya di arahkan ke masjid-masjid yang memiliki risiko penularan Covid-19 yang tinggi karena jemaahnya tidak dari lingkungan setempat saja.

“Kita berikan berdasarkan data masjid-masjid yang berada di wilayah yang memiliki Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang relatif besar. Dalam hal ini kita telah berkoordinasi dengan pihak Dinkes kota,” katanya.

Selain bantuan itu,  diketahui UNICEF bersama mitra lokalnya, Yayasan Aceh Hijau, berkomitmen untuk berkolaborasi dengan Pemko.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Aminullah Usman menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan tersebut.“Terima kasih kepada UNICEF dan mitra yang telah konsisten peduli, dan alhamdulillah banyak bantuan telah kita terima. Kita berharap hubungan ini terus berlangsung dengan baik dan bisa membantu kami lagi kedepannya,” ujar Aminullah.

Kata Aminullah, dalam hal penanganan virus corona, Pemko juga secara konsisten telah melakukan penyemprotan itu di beberapa tempat pelayanan publik termasuk masjid.

Aminullah mengungkapkan syukurnya bahwa Banda Aceh termasuk yang masih dalam zona hijau.“Patut kita syukuri bahwa Banda Aceh ini belum ada transmisi Covid-19 yang terjadi antar manusia. Dari tiga provinsi di Indonesia, Aceh termasuk salah-satu yang masih belum terjadi transmisi,” kata Aminullah.

Namun, hal itu tak memungkinkan Banda Aceh tidak akan tertular, katanya. “Transmisi itu juga bisa terjadi dengan barang yang masuk kesini, atau dari transaksi uang di pasar, maka dari itu perlu kita antisipasi melalui disinfektan dan protokol kesehatan lainnya.”

Aminullah pun kembali mengingatkan agar semua warga disiplin memakai masker dalam setiap aktivitas, dan terus ikuti imbauan lainnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More