www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

TNI Tanam Padi di Lahan Demplot Seluas Satu Ha

0 678

Acehasia.com | Aceh Utara – Sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah dari segi pertanian, Kodim 0103/Aceh Utara menyiapkan lahan seluas satu hektare di Desa Cot Trieng, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Dandim 0103/Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco, pada Jum’at (24/01/2020) mengatakan lahan seluas satu hektare yang disebut sebagai lahan Demplot Ketahanan Pangan di Desa Cot Trieng dan akan ditanami padi. Nantinya, hasil panen bisa dirasakan para petani setempat di Kecamatan Muara Satu.

Disebutkan Dandim, anggotanya bersama petani telah melakukan penanaman padi secara perdana di lahan Demplot, pada Kamis (23/01/2020). Lahan tersebut juga dikerjakan oleh personel Kodim sendiri dengan menggunakan Brigade Alsintan.

“Demplot sawah Kodim ini awalnya lahan sawah yang tidak berproduksi dengan baik, maka daripada tidak menghasilkan dengan maksimal lebih baik kami coba untuk lahan sawah percontohan bagi masyarakat. Lahan ini dikerjakan oleh personel Kodim sendiri menggunakan Brigade Alsintan yang kita miliki,” ujar Dandim.

Pada lahan demplot sawah ini pihaknya menggunakan pupuk cair Bios 44 sebagai contoh kepada petani yang lain nantinya. Pupuk Bios cair 44 sendiri sudah coba pihaknya di berbagai tempat dan hasilnya memiliki perbedaan yang signifikan dari kualitas maupun berat padi.

Penanaman padi, sebut Dandim, selain merupakan Program Ketahanan pangan juga merupakan bentuk dukungan TNI terhadap Pemerintah Pusat demi mencapai swasembada pangan. Untuk itu, pihaknya berharap agar program tersebut dapat mencapai hasil yang maksimal.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Cot Trieng, Rini, mengatakan pihaknya mendukung kerjasama program penanaman yang dilaksanakan. Menurutnya, cara yang efektif dalam memberdayakan masyarakat petani yaitu dengan cara mendorong masyarakat menyadari sektor pertanian adalah sektor yang paling vital bagi masyarakat. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More