www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Tindak Lanjut Intruksi Kapolri dan Kapolda Aceh, Polres Aceh Utara Donor Darah

0 477

Acehasia.com | Aceh Utara – Sebagai bentuk tindak lanjut Intruksi Kapolri, Polres Aceh Utara sumbang 48 kantong berisi darah dari hasil bhakti sosial donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Jum’at (10/04/2020).


Donor darah yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari Intruksi Kapolri melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1127/IV/KEP./2020 tertanggal 7 April 2020 dan dipertegas lagi dengan Surat Telegram Kapolda Aceh ST/273/IV/Kep/2020 tertanggal 8 April 2020.


Disebutkan dalam kedua surat telergram itu bahwa saat ini PMI mengalami kekurangan persedian darah, sedangkan masyarakat sangat membutuhkan darah akibat merebaknya kasus demam berdarah. Maka, intruksi kepada para kasatker/kasatwil agar mengimbau personelnya mendonorkan darah berkoordinasi dengan UDD PMI di wilayahnya masing-masing.


Dalam surat itu juga diingatkan bahwa kegiatan donor darah harus dilakukan dengan menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.


Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kasubbag Humas AKP Sudiya Karya mengatakan kegiatan donor darah yang dilakukan personel Polres Aceh Utara mampu mengumpulkan 48 kantong darah.


“Dari 79 orang personel yang mendaftar ikut donor namun hanya 48 orang yang dinyatakan boleh donor darah, sementara lainnya tidak diizinkan donor akibat tensi darah yang rendah dan lain-lain,” ujar Sudiya.


Sementara itu, kekurangan stok darah di PMI juga diakui oleh M Chatab, kasi mobil unit transfusi darah PMI Aceh Utara. “Pagi tadi stok darah pada kami hanya tersisa 25 kantong darah, jika digunakan untuk menolong pasien ditaksir hanya dapat bisa menolong empat sampai lima pasien saja,” ujarnya.


Ia berterimakasih sumbangan 48 kantong darah dari Polres Aceh Utara telah menambah ketersediaan kantung darah di PMI Aceh Utara. Menipisnya stok darah juga sejak mewabahnya Covid-19 sehingga jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI untuk mendonorklan darahnya berkurang sejak diberlakukannya physical distancing. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More