www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Tim Medis BKSDA Nekropsi Kematian Bayi Gajah di Aceh Utara

0 750

Acehasia.com | Aceh Utara – Menindaklanjuti kematian seekor bayi gajah di kawasan hutan perbatasan Kecamatan Cot Girek dengan Kecamatan Payabakong, Kabupaten Aceh Utara, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menurunkan tim medis ke lokasi.

Meskipun bangkai gajah mulai menyisakan tulang belulang, namun tim medis BKSDA Aceh tetap melakukan nekropsi terhadap bangkai tersebut. Nekropsi ini dilakukan oleh drh Rosa Rika Wahyuni didampingi Resort KSDA 11 Aceh Utara dan Conservation Response Unit (CRU) Cot Girek.

Untuk sementara, drh Rosa Rika Wahyuni mengatakan pihaknya belum dapat memastikan jenis kelamin dan usia satwa dilindungi ini. Guna menyelediki bangkai gajah, tim medis mengambil beberapa bagian organ sebagai sampel untuk identifikasi penyebab dan usia serta jenis kelamin.

“Kalau kondisinya sudah begini agak sulit untuk diketahui jenis kelaminnya, jika melihat dari jumlah gigi dan susunannya diprediksi usia gajah dibawah satu tahun. Maka, untuk lebih lanjut dibawa dulu bagian organnya sebagai sampel,” kata drh Rosa Rika Wahyuni di sela-sela nekropsi, Sabtu (11/01/2020).

Sementara itu Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh, Kamaruzzaman, mengatakan pihaknya masih menunggu laporan resmi dari tim identifikasi yang masih di lapangan. Dirinya membenarkan ada beberapa bagian yang diambil dari bangkai gajah itu untuk diidentifikasi.

“Saat ini dokter hewan masih dilokasi. Ada beberapa bagian yang diambil seperti tengkorak untuk diidentifikasi, namun untuk jelasnya saya juga masih menunggu laporan resmi dari tim identifikasi yang masih dilapangan,” jelas Kamaruzzaman saat dikonfirmasi Acehasia.com.

Diberitakan sebelumnya, seekor bayi gajah yang belum diketahui berapa usia dan jenis kelaminnya, ditemukan mati tak jauh dari perkebunan warga di Dusun Bate Uleu Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara.

Awalnya, pada Rabu (08/01/2020) Acehasia.com peroleh informasi bahwa warga yang berkebun di tempat itu secara tak sengaja menemukan bayi gajah liar yang telah mati dan membusuk. Sebelum itu, puluhan kawanan gajah liar juga sempat memasuki kawasan kebun warga. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More