www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Suasana Haru Aminullah Serahkan Bantuan Rp 4,9 M kepada Fakir, Miskin dan Orang Tua Uzur

0 696

Acehasia.com | Banda Aceh – Bantuan senilai 4,901 miliar rupiah lebih disalurkan langsung oleh  Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kepada 6.653 masyarakat kurang mampu. Penyerahan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) secara simbolis kepada yang terdiri dari senif fakir, miskin konsumtif dan fakir uzur, Senin (13/4/2020) di halaman kantor Baitul Mal.

Wali Kota Banda Aceh, didampingi oleh Ketua Baitul Mal, Asqalani dan Asisten I bidang Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Faisal, wali kota memberikan zakat kepada sembilan penerima dari perwakilan tiap kecamatan di Banda Aceh.

Wali Kota turut membagikan bantuan tersebut dengan mengantarkan langsung ke rumah salah seorang penerima, tidak lagi mengumpulkan massa dalam satu lokasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Pola ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease atau Covid 19.

Kepala Baitul Mal kota, Asqalani mengatakan, bantuan tersebut merupakan agenda rutin Pemko setiap tahunnya, “Zakat ini kita berikan kepada 6.653 penerima.”

Adapun rincian bantuan itu ditujukan kepada fakir konsumtif sebanyak 2.464 KK (Kepala Keluarga) dengan total Rp 800.000/KK, miskin konsumtif sebanyak 3.595/KK dengan total Rp 600.000/KK, fakir uzur 594 orang dengan total Rp 1.200.000/orang untuk tiga bulan (Rp 400 ribu/bulan). Bantuan juga di serahkan bagi santri asal Aceh (hafiz) yang ada di Thailand dan Malaysia sebanyak 13 orang dengan total masing-masing Rp 1.550.000 untuk tiga bulan.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan pemberian ZIS pertama diawal 2020 ini harus dilakukan secara door to door, mengingat situasi di tengah pandemi yang mengharuskan untuk menghindari keramaian.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah kembali menyalurkan bantuan dana zakat, infaq dan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan. Pengantaran akan kita lakukan dengan menghampiri kerumah masing-masing penerima dan harus sudah selesai dua hari sebelum ramadan,” kata Aminullah.

Wali kota juga mengharapkan, agar setiap penerima untuk memanfaatkan dana zakat dengan sebaik mungkin.

“Saya harap apa yang diterima hari ini agar dimanfaatkan dengan baik, untuk kebutuhan pokok keluarga, utamakan untuk yang sangat dibutuhkan,” pungkas Aminullah.

Pada salah satu rumah warga, Chairunnas (72),salah seorang dari keluarga kurang mampu dan telah uzur di Gampong Pelanggahan, Kecamatan Kuta Raja, tak kuasa menahan tangis saat Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman datang mengunjungi langsung ke kediamannya.

Aminullah sempat bertanya mengenai kondisi Chairunnas yang saat itu tampak hanya bisa duduk saja. Dengan nada sedih dan sambil menangis Chairunnas meminta bantuan kursi roda, dan seketika Wali Kota Aminullah menjawab untuk memberikan segera kursi roda miliknya.

“Ini pribadi saya, kursi roda saya sendiri yang saya pakai ketika bagian kaki saya cedera dulu. Hari ini saya berikan supaya pak Chairunnas bisa beraktifitas di rumah dengan nyaman,” kata Aminullah.

Didampingi sang istri, Chairunnas yang saat itu pun tampak menangis tersedu-sedu mengungkapkan rasa syukur karena telah mendapatkan sesuatu yang sangat diidam-idamkannya, Ia pun menyampaikan terima kasih atas bantuan Wali Kota Aminullah.

“Saya tidak bisa membalas kebaikan Pak Wali, semoga Allah membalas semua kebaikan Balak,” ucap Chairunnas.

Selepas wali kota beranjak, pihak Baitul Mal kota segera mengantar kursi roda tersebut dan Chairunnas pun langsung menggunakannya. (Len)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More