www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Sempat Menimbulkan Pengungsi, Banjir di Aceh Utara Surut

0 766

Acehasia.com | Aceh Utara – Banjir yang sempat melanda sejumlah desa di beberapa Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara, sejak Selasa (17/12/2019) sore mulai berangsur surut. Banjir lagi-lagi disebabkan curah hujan yang tinggi, sehingga debit air sungai meluap.

Geuchik Tanjong Haji Muda, Kecamatan Matangkuli, H. M. Husein, menuturkan untuk tahun 2019 ini banjir telah berulang kali terjadi termasuk dua kali yang terparah. Salah satu titik banjir terparah disebutkannya terjadi di Desa Lawang, Siren dan Tanjong Haji Muda.

“Alhamdulilah banjirnya mulai surut, bahkan banjir ini juga sempat membuat warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Namun insyaallah sementara waktu sudah aman karena banjirnya mulai surut,” tutur H. M. Husein menjawab Acehasia.com, Rabu (18/12/2019).

Pada Selasa jelang sore hari, Wakil Bupati Aceh Utara bersama Dinas Sosial turut menyerahkan bantuan yang diperuntukkan pengungsi di tiga titik. Penyerahan ini turut melibatkan Plt Kadinsos Aceh Utara, Anggota DPRA dan DPRK dari Fraksi Partai Aceh, dan Muspika setempat.

“Ini bantuan sosial khususnya kita berikan untuk warga yang mengungsi. Jadi secara keseluruhan, Aceh Utara yang berdampak banjir terparah yaitu si Kecamatan Pirak Timu dan Matangkuli, namun mulai berangsur surut,” kata Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau Sidom Peng. 

Mengenai penanganan banjir yang kerap terjadi setiap akhir tahun, Fauzi mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Pusat masih sedang membangun waduk Kreutoe di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong yang nantinya dapat meminimalisir banjir tersebut. Sementara, pengerjaan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More