www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Seluas ±112,04 Hektar Hutan dan Lahan Terbakar di Aceh

0 967

Sebanyak 10 Kabupatan di 23 Kecamatan tercatat mengalami kebakaran hutan dan lahan. Seluas +112,04 di Aceh terbakar dalam lima hari terakhir.

Acehasia.com|Banda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menginformasikan terjadinya kebakaran hutan di beberapa wilayah hutan dan lahan daerah Aceh seluas +112,04 Ha dengan kondisi 90 persen dapat dipadamkan dan satu kabupaten masih diupayakan. Data tersebut di rangkum sejak Jumat, 5 Juli hingga Selasa 9 Juli.(9/7/2019).

Adapun 10 kabupaten dan 23 kecamatan di provinsi Aceh habis di lahap si jago merah.Sejumlah lokasi kejadian tersebut sudah berhasil dipadamkan, namun satu daerah lagi masih dalam proses pemadaman.

Tercatat dari Kabupaten Nagan Raya, kondisi kebakaran  lahan  mencapai ±32.5 hektar. Kecamatan Kuala Pesisir, Desa Suak Puntong, Kecamatan Tripa Makmur, Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tadu Raya, Desa Cot Mue, Kecamatan Darul Makmur Desa Lamie.

Kabupaten Bener Meriah, mencapai ±1/4 hektar hutan dan lahan terbakar yang sudah bisa dipadamkan oleh petugas. Diantarnya juga menyambar kecamatan Timang Gajah, Desa Sumber Jaya di kabupaten tersebut.

Kabupaten Aceh Barat Daya, seluas ±3 hektar lahan berhasil dipadamkan di kecamatan Babahroet. Hanya saja api masih melaju di satu kecamatan tidak dengan cepat mengarah ke kecamatan lain.

Kabupaten Aceh Besar, sebanyak lima kecamatan diantaranya, kecamatan Lhong, Desa Jantang, Kecamatan Mesjid Raya, Desa Ujong Batee, Kecamatan Lembah Seulawah, Desa Cot Kareung, Kecamatang Pekan Bada, Dsa Beuradeun, Becamatan Leupung, Desa Pulot, Kecamatan Lembah Seulawah, dan Desa Lamtamoet. Berdasarkan  hasil data dari petugas, seluas ±20 hektar lahan berhasil dipadamkan.

Untuk Kabupaten Aceh Selatan hanya satu kecamatan saja terjadinya kebakan lahan yaitu di Kecamatan Bakongan. Untuk kondisi kebakaran berhasil dipadamkan seluas ±3.5 hektar.

Kabupaten Aceh Jaya sebanyak empat kecamatan disapu oleh si jago merah. Diantaranya, ada kecamatan Panga, Desa Keude Panga, Kecamatan Setia Bakti, Desa Lhok Glumpang, Kecamatan Mesjid Raya, Desa Ujong Batee, Kecamatan Teunom, Desa Lung Gayo Kayee Lhoen. Lahan yang terbakar mencapai ±2 hektar dan berhasil dipadamkan.

Kabupaten Aceh Tengah mengalami kebakaran lahan hanya di satu kecamatan saja yaitu, kecamatan Linge, Desa Kute Baru. Mencapai ±1 hektar lahan sudah bisa di tangani oleh petugas.

Kabupaten Gayo Lues, sebesar ±1 hektar lahan mengalami kebakaran berhasil dipadamkan seketika. Satu kecamatan yang di lahap oleh api yaitu, Kecamatan Blangkejeren, Desa Gunyak.

Seluas ±4 hektar lahan juga mengalami kebakaran di kabupaten Aceh Singkil dan mampu diatasi oleh pemadam setempat. Kecamatan yang masuk ke data hanya satu kecamatan yaitu,  Kecamatan Gunung Meriah, Desa Gunung Lagan.

Sementara itu, kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat masih dalam pemadaman. Luas lahan yang terbakar diperkirakan ±45 hektar yang terjadi di Kecamatan Johan Pahlawan, Desa Seuneubok,  Kecamatan Samatiga, Desa Suak Panton Breuh, Kecamatan Woyla Barat, Desa Napai, dan Kecamatan Meurebo, Desa Peunaga Cut Ujong.

Sejauh ini pihak BPBA sudah melakukan berbagai upaya dalam musibah ini. Dengan menyalurkan bantuan seperti mendistribusikan pemukul api sebanyak 50 unit, pinjaman pompa bantuan BNPB 7 unit, bantuan selang sebanyak 25 roll, penyaluran masker, memasang spanduk di 100 titik, dan memberikan makanan kepada korban.

Disisi lain pemerintah BPBD dan KPH juga berpartisipasi terhadap kebakaran yang terjadi dengan besar. Lembaga tersebut mengawasi sistem kerja yang telah ditentukan dengan kebersamaan selama proses penanganan berlangsung. Anggota TNI dan Polri juga ikut mengevakuasi bantuan dan tenaga dalam upaya pencegahan hutan dan lahan terbakar. Berdasarkan survei dan data tersebut kawasan hutan dan lahan yang terbakar hanya di daerah barat  Aceh saja pada hari ini. Pencegahan dan penanganan akan terus di amankan oleh petugas di masih-masih daerah.(Fau/Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More