www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Sebagai Upaya Agar Konflik Harimau Segera Selesai, Warga Gelar Doa Bersama

0 741

Acehasia.com | Aceh Utara – Sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir konflik Harimau Sumatera yang hingga kini masih saja terjadi, warga di salah satu desa Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara menggelar kenduri doa bersama yang berlangsung di Masjid setempat, Minggu (22/12/2019).

Tokoh Masyarakat setempat, Zakarial Mihra, mengatakan doa bersama dilakukan dengan tujuan agar dijauhkan dari segala bala, malapetaka, marabahaya dan musibah seiring konflik Harimau yang telah terjadi sejak sebulan terakhir. Bahkan, jejak satwa itu masih ditemukan tak jauh dari pemukiman penduduk.

“Hingga kemarin masih ditemukan jejak Harimau tak jauh dari perumahan warga, yang kami takuti jika mengancam warga. Maka hari ini kami berdoa bersama, semoga satwa tersebut menjauh dan kembali ke habitatnya,” kata Zakarial Mihra kepada Acehasia.com usai doa bersama.

Amatan Acehasia.com, doa bersama diikuti para warga di wilayah konflik baik kaum hawa maupun kaum adam, mulai anak-anak hingga dewasa. Para warga justeru terlihat kompak untuk saling berupaya agar konflik Harimau segera selesai dengan tanpa melukai satwa itu sendiri.

Ikut pula dalam doa bersama yaitu Tim Resort 11 KSDA Aceh Utara Seksi I Wilayah Lhokseumawe BKSDA Aceh bersama Leader Conservation Response Unit (CRU) Cot Girek. Sebelumnya ritual sebagai upaya pencegahan konflik Harimau juga telah dua kali dilakukan oleh Pawang dari Aceh Barat, Tgk Syarwani Sabi.

“Jadi, Pak Syarwani juga telah melakukan ritual. Beliau juga berharap selain dilakukan ritual, masyarakat dapat menggelar kenduri dan doa bersama agar dijauhkan segala bala,” kata Staf Resort 11 KSDA Aceh Utara Seksi I Wilayah Lhokseumawe BKSDA Aceh, Nurdin.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Amir Hamzah, juga mengimbau kepada Camat setempat untuk terus memantau perkembangan di lapangan agar dapat saling bersinergi dalam menghadapi konflik Harimau yang sedang terjadi. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More