www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Ruas Lamno-Jantho Perlu 5 Km Grade Lagi Untuk Bisa Fungsional

0 663

Acehasia.com | Banda Aceh – Harapan masyarakat Barsela (Barat Selatan) untuk memanfaatkan jalan Lamno – Jantho sebagai alternatif menuju Aceh Besar dan Banda Aceh akan segera terwujud, tahun 2022 sudah fungsional dan dalam keadaan baik. Sabtu, (7/12/2019).

Ada lima kilometer lagi harus diturunkan Gradenya agar ruas jalan Lamno -Jantho bisa fungsional.

“Jalan bergunung itu terlalu curam, ada 5 kilometer lagi yang harus diturunkan Grade antara 1 meter sampai dengan 30 meter,” ujar Teuku Dadek, Asisten II Setda Aceh yang sedang melaksanakan peninjauan proyek di ruas tersebut,

Kondisi curam sepanjang 5 kilometer berada diperbatasan antara Aceh Besar dan Aceh Jaya.

“Pak Plt Gubernur mengatakan kepada kami dan SKPA terkait jalan tersebut dalam keadaan baik tahun 2022,”ujar Dadek.

Sebelumnya Dadek juga sudah meninjau di ruas itu sebelah Aceh Besar, di mana tahun ini juga sedang dibangun 1 unit jembatan cucum, aspal dan penurunan grade.

Sementara itu tahun 2020 akan disiapkan lima jembatan dari kebutuhan tujuh jembatan dan penurunan grade juga.

“Jalan Lamno – Jantho sangat dibutuhkan karena sebagai jalan alternatif menuju Banda Aceh dan Aceh Besar panjang jalan 65 kilometer tinggal 19 kilometer belum aspal dan ada 5 kilometer belum fungsional karena sedang diturunkan grade,”jelasnya.

Dadek melaksanakan peninjauan Peningkatan Jalan Batas Aceh Besar – Lamno, dengan nilai kontrak mencapai 24,38 Milyar, dengan Realisasi Fisik Target 95 persen.

Kondisi pembangunan sekarang ini Aspal sudah selesai 700 x 3 m dari 1.200 m x 6 m, Galian tanah kondisi 95%, Urpil selesai 1.350 m dari 1.475 m, Saluran 1.700 selesai, Box Culvert 5 unit selesai dan DPT 20 m selesai.

Dengan 12 eskavator dan 4 unit buldozer proyek ini diharapkan siap tepat waktu. (Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More