www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Resort 11 KSDA Aceh Utara Lepas Kucing Kuwuk ke Habitatnya

0 468

Acehasia.com | Aceh Utara – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melalui Tim Resort 11 KSDA Aceh Utara Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe melepasliarkan seekor anak Kucing Kuwuk (Prionailurus bengalensis), Minggu (10/05/2020).

Diketahui satwa liar yang dilindungi tersebut awalnya berhasil diselamatkan oleh salah seorang Jurnalis asal Kabupaten Aceh Utara, Chairul Sya’ban, yang selama ini peduli terhadap lingkungan & satwa, pada Sabtu (09/05/2020) pagi dari kandang ayam milik warga.

“Setelah diselamatkan oleh Chairul, ia kemudian memberitahukannya kepada kami. Setelah itu kami bergerak ke lokasi untuk menjemput satwa tersebut mengingat Kucing Kuwuk ini juga termasuk satwa dilindungi,” ujar Ketua Tim Resort 11 KSDA Aceh Utara, M. Hasan melalui Stafnya, Nurdin, Senin (11/05/2020).

Lalu, sambung Nurdin, setelah dilakukan serah terima dari Chairul kepada pihaknya kemudian sama-sama mencari lokasi atau habitat baru bagi si satwa berjenis kelamin betina usia sekitar empat bulan tersebut. Setibanya di lokasi yang sudah ditarget, pihaknya secara resmi melepaskan hewan itu.

Sementara itu Chairul Sya’ban menyebutkan, awalnya ia dihubungi seorang warga untuk diminta mengamankan hewan dimaksud lantaran masuk ke kandang ayam dan nyaris memangsa anak ayam. Iapun kemudian bergerak ke lokasi dan mengamankannya.

“Kucing Kuwuk itu saya rescue (selamatkan) setelah terjebak di kandang ayam milik warga. Warga tersebut juga secara sukarela menyerahkan Kucing Kuwuk untuk kemudian diamankan ke pihak terkait. Dan, bersama tim Resort 11 satwa tersebut sudah kami lepaskan ke habitat barunya,” kata Chairul.

Dalam hal ini Chairul turut mengajak masyarakat apabila menemukan satwa liar yang dilindungi sebaiknya tidak dipelihara, lebih baik dilepaskan ke habitat barunya supaya lebih aman dan dapat melangsungkan hidup serta berkembang biar agar populasi terjaga. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More