www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Portal ‘Rumah Belajar’ Dari Kemendikbud Untuk Murid dan Guru

0 1,366

Acehasia.com | Jakarta – Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Gogot Suharwoto, berdiskusi di sela kegiatan RAKOR dengan Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Budaya (Disdikbud) Aceh Aceh besar. Rakor Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) ini berlangsung selama tiga hari di hotel Royale Jakarta, Kelapa gading.Rabu, (31/7/2019)

Gogot Suharwoto dorong guru dan siswa untuk mengakses dan menggunakan rumah belajar.kemdikbud.go.id. Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0.

Portal ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, siapa saja dapat belajar di mana saja, kapan saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Dalam kesempatan tersebut Gogot juga menyampaikan bahwa rumah belajar.kemdikbud.go.id menyajikan fitur utama seperti fitur sumber belajar yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

Ada banyak fitur-fitur menarik yang bisa digunakan dalam portal tersebut. Diantaranya Fitur Kelas Digital dan Fitur Bank Soal.

Fitur Kelas Digital, yakni sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Sedangkan Fitur Bank Soal merupakan kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. Hal ini tentunya untuk mempermudah pembelajaran bagi siapa saja.(Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More