www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

PFI minta polisi Usut teror pembakaran rumah Asnawi

0 1,027

Acehasia.com | Banda Aceh – Terkait kebakaran rumah Jurnalis Harian Serambi Indonesia, Asnawi Luwi di Aceh Tenggara yang diduga dibakar oleh orang tak dikenal. Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh menyatakan sikap tegas terhadap perlakuan tersebut. Selasa (30/7/2019)

Pernyataan tersebut yaitu bahwa PFI mengutuk keras pelaku yang diduga dengan sengaja membakar rumah Asnawi Luwi yang sehari-hari bertugas mereportase berita lintas isu dari Kabupaten Aceh Tenggara.

Jika benar ada unsur kesengajaan pelaku dalam pembakaran ini, apalagi disebut-sebut terkait pemberitaan, maka peristiwa ini mencederai kemerdekaan pers seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999.

PFI juga meminta kepada aparat kepolisian, khususnya Polres Aceh Tenggara untuk serius mengungkap kasus teror pembakaran rumah Jurnalis Harian Serambi Indonesia, Asnawi Luwi di Aceh Tenggara.

Pihak PFI berharap kepada Polda Aceh untuk mem back-up kasus yang terjadi di wilayah hukum Polres Aceh Tenggara tersebut. PFI Aceh berharap, dalam 2×24 jam, pelaku pembakaran sudah teridentifikasi dan ditangkap.

Meminta Polda Aceh agar bisa menjamin dan melindungi para jurnalis yang menjalankan tugas jurnalistik di seluruh wilayah di Aceh.

Kepada semua pihak, jika merasa dirugikan atas pemberitaan media, agar sudikiranya menggunakan mekanisme yang diatur dalam Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999 dalam pasal 1, pasal 5, pasal 11, dan pasal 15, seperti hak jawab. Bahkan jika pemberitaan dimaksud salah, bisa saja meminta media yang bersangkutan mengoreksinya.

PFI Aceh menilai, tindakan pembakaran rumah Jurnalis Serambi Indonesia, Asnawi Luwi di Aceh Tenggara ini adalah aksi teror kepada yang bersangkutan dan kepada para jurnalis yang melakukan tugas jurnalistik, khususnya di Aceh Tenggara.

Oleh karena itu, Ketua PFI Aceh, Fendra Trisyanie mengimbau semua jurnalis di Aceh agar berhati-hati dan menjalankan tugas secara profesional dan sesuai Kode Etik Jurnalistik.(Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More