www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

PETANI CABAI PEKAN BADA ACEH BESAR GAGAL PANEN

0 880

Aceh Besar—(08 Juli 2019)

Kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Besar mengakibatkan sejumlah tanaman petani gagal panen. Salah satunya di desa Lambadeuk Kecamatan  Peukan Bada. Akibatnya, para petani mengaku mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Tanaman petani seperti cabai milik warga Desa Lambadeuk Kecamatan Peukan Bada kering dan gagal panen, sehingga warga mengeluh kehilangan mata pencaharian sehari-hari.

Kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Besar dalam beberapa bulan terakhir ini, mengakibatkan 10 hektar  lebih lahan tanaman cambai milik petani warga Desa Lambaeduek gagal panen.

Akibat gagal panen, para petani yang mengantungkan pendapatannya dari hasil cabai ini kehilangan pendapatan ekonomi untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Karena tak ada penghasilan dari bertani, sebagian warga desa yang berada di pesisr pantai yang diapit oleh pegunungan itu terpaksa harus beralih propesi menjadi kuli bangunan dan nelayan.

Sudirman, salah seorang petani cabai berharap “adanya perhatian dari pemrintah setempat untuk mengatasi malasah kemarau yang melanda pumikiman mereka.

Dia juga menambahkan “meskipun di desa sudah ada embung yang dibangun oleh pemerintah,  namun tak berfusngi untuk lahan pertanian waraga,  baik ladang maupun sawah disaat musim kemarau.’

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More