www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Pernyataan Tegas Menteri Agama Melalui Amanat Yang Dibacakan Wabup Aceh Utara

0 637

Acehasia.com | Aceh Utara – Menteri Agama RI, Fachrul Razi, menegaskan beberapa hal melalui amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau Sidom Peng dalam upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama RI yang berlangsung di halaman kantor Kemenag Aceh Utara, Jum’at (03/01/2020).

Tersebut dalam amanat itu, bahwa dalam negara Pancasila siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda.

Demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara. Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

“Sejarah dunia sampai abad kedua puluh hanya mengenal dua teori menyangkut hubungan agama dan negara, yaitu “teori integrasi”, penyatuan agama dengan negara, dan ‘teori sekularisasi’, pemisahan agama dengan negara,” demikian sebut Menteri Agama melalui amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf.

Disebutkan, para founding fathers negara kita (Republik Indonesia) dengan bimbingan Allah yang maha kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu ‘teori akomodasi’ menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara manapun.

Pihaknya menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

“Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme,” tandas Fauzi Yusuf membacakan amanat Menteri Agama RI, Fachrul Razi. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More