www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Pemko Banda Aceh Lakukan Tes Swab Gratis

0 415

Acehasia.com | Banda Aceh –  Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh lakukan tes swab massal kepada warga. Tes swab massal ini merupakan kerjasama Pemko Banda Aceh dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang di launching pada Kamis (4/6/2020).

Plt Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banda Aceh dr. Nuraihan, MKM mengatakan, tes swab ini memprioritaskan warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Banda Aceh yang memiliki resiko tinggi penularan Corona virus disease (Covid-19) untuk melakukan uji swab ini.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan warga yang ber-KTP luar Banda Aceh untuk di-swab, apabila berpotensi menularkan virus covid-19.

“Yang lebih di utamakan adalah yang memiliki KTP Banda Aceh namun walaupun demikian tidak tertutup kemungkinan jika ada ODP dari luar yang kita anggap harus di swab dan beresiko tinggi untuk menularkan bagi warga Banda Aceh,” jelasnya saat dijumpai di Dinkes Kota Banda Aceh, Selasa (9/6/2020).

Hingga saat ini pihaknya telah melakukan sebanyak 31 uji swab sejak lauching. Ia menyebutkan, dari hasil swab tersebut, belum ada sampel yang positif terinfeksi virus Covid-19.“Alhamdulilah semua peserta tes swab semua negatif.”

Meski demikian, kata Nuraihan, pihaknya sedikit kesulitan dalam melakukan pengumpulan data di lapangan. Pasalnya, kesadaran warga untuk memeriksakan dirinya terbebas dari covid masih rendah ditambah lagi dengan berkembangnya berita hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang saat ini merebak di tengah masyarakat.

“Kendala di lapangan adalah dalam mengumpulkan target sasaran itu yang menyulitkan namun harapan kita semua target sasaran pemeriksaan swab dapat kita selesaikan di bulan ini” tutupnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More