www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Pemkab Aceh Utara Upacara HAB Kemenag ke 74, Wartawan Tidak Dapat Masuk

0 822

Acehasia.com | Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama RI yang berlangsung di halaman kantor Kementerian Agama Aceh Utara, Jum’at (03/01/2020).

Upacara yang mengusung tema “Umat Rukun Indonesia Maju” turut melibatkan Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau Sidom Peng selaku Pembina Upacara sekaligus membacakan amanat Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Mengutip teks sambutan (amanat) Menteri Agama RI yang diperoleh Acehasia.com, bahwa disebutkan Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan.

Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.

“Saya perlu menegaskan di sini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan tetapi harus dalam ‘satu kotak’ untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” demikian amanat Menteri Agama yang dibacakan Wakil Bupati.

Namun, upacara kali ini berbeda tidak seperti upacara selain HAB yang pernah sering dilakukan di lapangan serbaguna Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Dua wartawan yang ingin meliput kegiatan itupun gagal melaksanakan tugas jurnalistiknya karena tidak membawa undangan khusus.

Singkat cerita, sebelum puncak acara dimulai Jum’at pagi sekira pukul 08:40 WIB seorang oknum Security yang berjaga di pintu masuk meminta dua wartawan menunjukkan undangan khusus.

“Harus ada undangan khusus bang, kami sudah ada tim peliput sendiri di dalam,” ujar oknum Security.

Amatan Acehasia.com, pintu masuk pada kantor Kementerian Agama Aceh Utara tampak tertutup rapat saat puncak acara dimulai. Terlihat pula seorang pria mengenakan kemeja putih lengan panjang menggunakan kopiah sedang berjaga di pintu. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More