www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Pelatihan Bahasa yang di selenggarakan BPSDM diikuti 250 Peserta

0 865

Acehasi.com | Banda Aceh– Badan Peningkatan Sumber Daya Manusia atau BPSDM Aceh membuka kelas khusus pendidikan Bahasa Inggris dan Mandarin. Hingga kini, 250 peserta telah dinyatakan lulus untuk mengikuti pelatihan ini. Jumat (19/07/2019).

Sekretaris Badan (Sekban) BPSDM Aceh, Darwin menyatakan bahwa BPSDM telah membuka dua gelombang pelatihan, baik itu bahasa Inggris maupun mandarin.

“Peluang untuk mendapatkan beasiswa keluar Negeri begitu besar. Oleh sebab itu, kita meningkatkan kapasitas berbahasa agar anak-anak Aceh mandiri untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.”, ujar Darwis di ruangan kerjanya.

BPSDM berencana akan membuka peluang belajar bahasa arab pada tahun anggaran 2020 mendatang. Hal ini untuk mendapatkan kesempatan belajar dan mendapatkan beasiswa ke wilayah Arab.

Pelatihan bahasa ini berlangsung selama tiga bulan dan direncanakan pada tahun 2020 mendatang akan dilakukan selama enam bulan untuk satu kegiatan pelatihan. “Selama ini putra putri Aceh yang berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar tidak diberikan fasilitas penginapan, sedangkan untuk peserta dari luar Banda Aceh dan Aceh Besar akan diberikan penginapan selama 3 bulan.” Ungkap Darwis.

Dia juga menambahkan  untuk mendristibusikan informasi terkait peluang pendidikan bahasa ini, pihak BPSDM bukan hanya menyebarkan informasi melalui media mainstream. “kami juga mendistribusikan informasi ini melalui media social dan bentuk promosi lainnya.”.

Takziyatun Nufus salah seorang calon peserta pelatihan bahasa yang diadakan oleh BPSDM Aceh telah mengikuti tes ini sebanyak dua kali, akan tetapi belum beruntung. Nufus Lususan UIN, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ini mengaku nilai Toefl tidak memenuhi syarat.

“Yang diminta 450 tapi nilai toefl saya hanya 400, mudah-mudahan kedepan bisa bertambah nilai toefl saya.” Keluh Nufus.

Nufur juga berharap bagi peserta yang ingin mengikuti beasiswa agar mempersiapkan diri untuk bisa mendapatkan nilai toefl 450 agar bisa masuk pelatihan bahasa yang di selenggarakan oleh BPSDM. “Pelatihan yang diadakan oleh BPSDM ini sebagai usaha untuk meningkatkan nilai toefl anak-anak Aceh. Agar mereka bisa kuliah dan menyebar ke seluruh dunia melalui peluang beasiswa.” Harap Nufus.  

“Bagi mereka yang belum memenuhi syarat toefl, tetap mencoba lebih keras lagi atas kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa di BPSDM Aceh.” Tambahnya.  (DV)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More