www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Paya Tumpi Daerah Terparah Banjir Bandang Aceh Tengah

0 296

Acehasia.com | Aceh Tengah- Dua Kecamatan di Aceh Tengah dilanda Banjir Bandang yang datang secara tiba-tiba. Dua kecamatan tersebut diantaranya kecamatan Kebayakan dan Kecamatan Bebesen. Di Kecamatan Kebayakan ada empat desa yang terdampak, diantaranya Paya Tumpi Induk, Paya Tumpi Baru, Pinangan dan Gunung Balohen. Sedangkan di kecamatan Bebesen yaitu desa daling, Kamis (14/05/2020).

Menurut informasi dari BPBD Aceh Tengah bahwa hujan deras yang mengguyur Aceh Tengah sudah terjadi sejak sepekan mengakibatkan banjir bandang. Salman juga mengaku

Menurut data yang di keluarkan oleh pihak BPBD Aceh Tengah menyebutkan ada 31 unit rumah rusak berat, 26 unit rumah rusak sedang, 3 unit mobil rusak berat, 1 unit sepeda motor rusak berat, serta perkebunan warga juga mengalami kerusakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, akan tetapi empat warga  desa Paya Tumpi Baru dan satu orang warga desa Paya Tumpi induk juga mengalami luka-luka.

Kini warga yang terkena dampak banjir bandang ini terpaksa mengungsi ke SDN 3 Kebayakan.  Seratusan warga harus meninggalkan tempat tinggal mereka dan terpaksa harus mengungsi.

Kepala BPBD Aceh Tengah, Jauhari menjelaskan bahwa Pihaknya telah didirikan posko bersama tempat pengungsian dan dapur umum oleh tagana Dinas Sosial Aceh Tengah dilokasi  SDN 3 Kebayakan. Begitu juga dengan bantuan tanggap darurat juga sudah disalurkan

“Proses evakuasi dan pembersihan material banjir bandang mulai dilakukan oleh pihak BPBD Aceh Tengah, dibantu personel tni, polri,” Jelasnya.

Saat ini hujan sudah berhenti serta material lumpur sudah dibersihkan dibeberapa akses jalan umum. akses jalan Takengon – Bireuen sudah dibuka dan sudah normal kembali.  Jalan perkampungan desa daling kecamatan bebesen, tertimbun material lumpur, namun masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More