www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Para Anggota DPRK Aceh Utara Dapil Satu Tinjau Kesiapan Puskesmas Menangani Covid-19

0 744

Acehasia.com | Aceh Utara – Upaya memutus mata rantai merebaknya wabah virus Covid-19 terus dilakukan sejumlah pihak, tak terkecuali para Anggota DPRK Aceh Utara Daerah Pemilihan Satu (Dapil I) yang turun langsung memantau kesiapan Puskesmas dalam penanganan wabah tersebut.

Kunjungan para anggota DPRK Dapil Satu tersebut dipimpin langsung Nasrizal atau Cek Bay. Beberapa Puskesmas yang dipantau, kata Cek Bay, antara lain dua Puskesmas di Lhoksukon yaitu Puskesmas Lhoksukon dan Puskesmas Buket Hagu. Kemudian, satu Puskesmas di Kecamatan Cot Girek.

Pihaknya memantau langsung tiga Puskesmas di Dapil Satu tersebut pada Senin (06/04/2020) sebagai bentuk sejauh mana kesiapan dan persiapan Puskesmas dalam menghadapi maupun penanganan merebaknya Covid – 19.

Kepada Acehasia.com, Cek Bay, menuturkan ketiga Puskesmas yang dimaksud siap untuk penanganan. Akan tetapi, kata Cek Bay, pihaknya juga menerima langsung keluhan dari pihak Puskesmas yaitu terkait Alat Pelindung Diri (APD) yang masih terbatas. Maka diharapkan adanya penambahan APD lebih dari satu pasang.

“Jadi ada beberapa keluhan yang kami terima saat memantau kesiapan penanganan Covid – 19 di tiga Puskesmas, salah satunya APD yang telah didistribusikan Pemerintah. Pihak Puskesmas berharap setidaknya ada penambahan APD, mengingat APD yang ada saat ini hanya satu pasang,” kata Cek Bay.

Selain itu khusus di Puskesmas Lhoksukon, pihaknya mendapati keluhan adanya ambulance yang tidak layak untuk beroperasi. Dimana ada dua unit Ambulance di Puskesmas itu, namun hanya satu yang layak beroperasi. Untuk itu, perlu keseriusan dalam penanganan Covid-19.

“Ada dua ambulance di Puskesmas Lhoksukon, namun hanya satu yang layak beroperasi. Setidaknya di beberapa Puskesmas harus ada ambulance yang khusus disiapkan untuk pasien yang jika statusnya ODP atau PDP. Kami mendengar langsung keluhan itu dari pihak Puskesmas, ini harus serius demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tukas Cek Bay.

Dalam hal ini pihaknya juga berharap semua pihak dapat berupaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Bagi seluruh desa, menurutnya, perlu berperan untuk menyiapkan masker buatan sendiri dan tentunya mudah dicuci setelah pemakaian. Hal ini, mengingat anggaran dana desa begitu banyak. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More