www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Nurmalawati Pekerja Sosial Berprestasi dari Padang Tiji

0 1,141

Acehasia.com | Banda Aceh – Tim penilai Pekerja Sosial Masyaraka (PSM) Teladan tingkat nasional tahun 2019 dari  Kementerian Sosial RI melakukan tinjauan ke lapangan pada tanggal 18-19 September 2019 terhadap kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial yang telah dilakukan oleh Nurmalawati sebagai PSM di gampong Teungoh Drien Gogo Padang Tiji terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Jum’at (20/9)

Kegiatan kunjungan tim penilai ini merupakan rangkaian penilai lanjutan untuk  membuktikan kinerja lapangan Nurmalawati  atas presentasi makalah yang sudah dipaparkan di depan juri pada tanggal 13-19 Agustus 2019 di Hotel Arya Duta, Jakarta.

Hasil presentasi  tersenyum menyatakan bahwa Nurmalawati utusan dari Provinsi Aceh masuk dalam 15 besar pilar-pilar Kesejahteraan Sosial teladan tingkat nasional. Berdasarkan keputusan tersebut tim penilai melakukan kunjungan lapangan sebagai  pembuktian terhadap  presentasi yang telah disampaikan di hadapan dewan juri.

“Hasil pembuktian lapangan ini akan menjadi penentu Nurmalawati  berada di peringkat berapa  teladan nasional.” Jelas Ardiansyah yang merupakan Tim penilai pilar-pilar Kementerian Teladan tahun 2019.

Tim penilai dari Kemensos yang melakukan kunjungan lapangan yaitu Ardiansyah dan Hayatul Wardani, tim penilai ini turut  didampingi oleh Safwan selaku Kasi Pemberdayaan Perorangan dan Keluarga pada Dinas Sosial Aceh dan Kepala Dinas Sosial Kab Pidie.

Sebelum turun kelapangan tim penilai pilar-pilar sosial teladan nasional disambut oleh wakil bupati dan pejabat daerah kabupaten Pidie, Muspika Padang Tiji dan Keuchik  serta tokoh msyarakat gampong Teungoh Drie Gogo Padang Tiji.

Menurut pengamatan dan hasil wawancara dengan tim penilai bahwa yang dilakukan oleh Nurmalawati sebagai PSM sudah sesuai dengan presentasinya pada Agustus lalu.

Nurmalawati telah melakukan banyak hal dalam bidang  pembangunan kesejahterasn sosial sebagai relawan sosial yang tidak kenal lelah dan tidak pernah menyerah sebelum penyadang masalah kesejahterasn sosial terbantu.

Ia sebagai PSM telah membuka taman bacaan untuk anak-anak yatim dan kurang mampu serta menyantuni mereka dengan memberikan biaya tambahan untuk sekolah, memberikan pelayanan kepada lansia tunawisma sudah hampir 4 tahun, menginisiasi bantuan dana dari berbagai pihak dalam membangunan rumah dan memfasilitasi pembangunan rumah bagi kaum dhuafa di gampong teungoh Drien Gogo Padang Tiji dan Gampong sekitar tempat tinggal nya.

“Ini adalah pekerjaan mulia yang patut kita berikan apresiasi. Pemilihan pilar-pilar sosial teladan yang kita lakukan saat ini adalah bahagian dari pada pemberian penghargaan kepada relawan sosial yang telah mendarma-baktikan tenaga dan pikirannya dalam pembangunan kesejahteraan sosial daerah,”ucapnya.

Dengan kehadiran PSM di masyarakat sangat membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial di masyarakat terutama sekali penyandang masalah kemiskinan seperti yang telah dilakukan oleh Nurmalawati .

“Kita berharap akan lahir lebih banyak Nurmalawati lain yg punya jiwa sosial tinggi terhadap PMKS dengan Motto,” ungkapnya.

Salah satu tugas PSM ialah harus menjadi penyuluh sosial dan pembina bagi masyarakat serta harus mampu merubah pola hidup masyarakat ke arah yang lebih baik terutama sekali peningkatan kesejahteraan. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat PSM  harus mengedepan jiwa sosial. 

Saat ini Nurmalawati telah masuk kategori 15 besar PSM teladan  nasional tahun 2019, sepulang tim penilai dari Aceh nanti akan diadukan dengan nilai PSM dari provinsi lain diseluruh indonesia untuk masuk dalam kategori 5 besar teladan nasional tahun 2019.

“Kita berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Aceh semoga Nurmawati (mendapat predikat 1 Teladan Nasional,” tutupnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More