www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Nasib Petani Padi, Sawah Tadah Hujan Mulai Mengering

0 754

Acehasia.com | Aceh Utara – Sebagian persawahan warga di beberapa titik Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, mulai mengering sejak lima hari terakhir. Dalam kondisi itu, petani banting tulang untuk tetap menggarap sawah mereka.

Perlu diketahui, persawahan di Kecamatan Cot Girek merupakan sawah tadah hujan yang selama ini warga petani hanya berharap dari hujan yang turun membasahi sawah mereka. Hasil panen pun sering sekali tak sesuai harapan.

Amatan Acehasia.com, Minggu (05/01/2020), beberapa titik persawahan yang mulai mengering salah satunya terpantau di Desa Seuneubok Baro. Bahkan petani yang terlanjur menabur bibit padi terpaksa menanam padi-padi itu dengan cara tojok.

Syahrul, petani setempat mengatakan ia terpaksa menanami padi dengan cara tojok mengingat sawah yang ia garap sudah mengering. Saat dilakukan penaburan bibit, kata dia, air masih mencukupi. Namun begitu benih membesar, hujan pun tak kunjung turun.

Sementara itu Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cot Girek, Ramli saat dikonfirmasi Acehasia.com menyebutkan, ada sekitar 403 hektare persawahan di Kecamatan itu merupakan sawah tadah hujan.

“Berdasarkan data Statistik tahun 2019, sawah tadah hujan di Kecamatan Cot Girek tercatat seluas 403 hektare. Untuk saat ini luas sawah tadah hujan secara relatif terdapat di Desa Beurandang Asan, memang kondisinya sama,” terang Ramli. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More