www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Narkoba Menyasar Anak Dibawah Umur, Orangtua Diminta Awasi Anak

0 559

Acehasia.com | Aceh Utara – Upaya memutus mata rantai peredaran narkoba khususnya di wilayah hukum Polres Aceh Utara, terus dilakukan dengan berbagai cara seperti salah satunya dengan cara memberikan himbauan maupun sosialisasi di beberapa tempat termasuk di sekolah dan desa.

Penindakan dengan cara menangkap pelaku juga tak jarang dilakukan. Bahkan, selama bulan Januari 2020 sejumlah 12 orang tersangka jaringan Narkoba kelas ‘teri’ berhasil diringkus. Belasan tersangka itu rata-rata berasal dari Kecamatan Matangkuli, salah satu diantaranya masih dibawah umur.

Berkaitan dengan hal ini, Satuan Narkoba Polres Aceh Utara meminta peran aktif orangtua dalam mengawasi dan memantau anaknya yang masih dibawah umur. Sungguh miris bukan? Generasi yang seharusnya bisa berperan dalam pembangunan dimasa akan datang, malah terjerumus ke ‘dunia hitam’.

Kasat Res Narkoba Polres Aceh Utara, AKP M Daud, dalam konferensi pers di Mapolres setempat, Jum’at (31/01/2020) mengatakan dari 12 tersangka yang berhasil diamankan pihaknya selama Januari 2020, terdapat satu diantaranya masih dibawah umur. Lelaki remaja inisial HB berusia 15 tahun, diciduk polisi pada Senin (13/01/2020).

“Tersangka yang masih dibawah umur kasusnya sudah masuk tahap dua dan sudah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum bersama barang bukti narkotika jenis sabu. Untuk penanganannya, karena masih dibawah umur, dia tetap diamankan di Polres,” kata AKP M Daud didampingi Kasubag Humas, Iptu Sudiya Karya dan Kasi Propam, Iptu Boihaqi.

Disebutkan, untuk tersangka dibawah umur selama penanganan proses 15 hari setelah itu akan direhab melalui putusan Pengadilan Negeri baik direhab atau dimasukkan ke lembaga anak. Dan itu, sebut Daud, menunggu hasil dari vonis hakim sehingga untuk prosesnya HB diamankan di Mapolres.

Dalam hal ini pihaknya sangat berharap agar para orangtua dapat berperan aktif mengawasi anaknya yang masih dibawah umur. Pihaknya juga tak segan-segan untuk mengambil tindakan jika siapa saja yang terdapat peredaran narkoba maupun pengguna, maka juga diminta masyarakat untuk segera melaporkan ke Polisi.

“Himbauan kepada orangtua di Aceh Utara, untuk selalu mengawasi anak-anaknya yang masih dibawah umur baik perilaku maupun pergaulan. Kalau ada terindikasi, secepatnya meminta bantuan Sat Narkoba dan kita ambil sikap sebelum ada upaya penindakan supaya generasi kita kedepan tercegah dari pengaruh Narkotika,” tandas Daud. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More