www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Muhammad Sahuddin Mahasiswa Aceh yang berhasil meninggalkan China “Tak Terjangkit Corona”

0 928

Acehasia.com | Banda Aceh- Enam orang mahasiswa asal Aceh berasil meninggalkan Negara China. Hal ini dilakukan karena penyebaran virus corona sangat cepat. Tiga dari enam mahasiswa yang sudah sampai ke Aceh adalah Mulia Mardi, Nia Alfi Khaira dan Muhammad Sahuddin. Siang tadi, Muhammad Sahuddin tiba pada pukul 10.30 WIB di sambut Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar, Selasa (28/01/2020).

Muhammad Sahuddin, Mahasiswa asal Aceh Barat Daya yang sedang mengenyam pendidikan S3 di Nanjing Normal Universtiy, Jiangsu China berasil pulang ke Aceh.

Saat di temui acehasia.com di Bandara Sultan Iskandar Muda, Muhammad Sahuddin mengaku sedih karena rekan-rekannya di China belum bisa kembali ke Aceh.

“Saya sangat sedih, apalagi rekan-rekan yang berada di Wuhan. Saya sedih telah meninggalkan mereka disana. Saya berharap mereka bisa kembali ke Aceh,” ungkap Sahuddin.

Sahuddin menceritakan pengalamannya pada hari jumat lalu, saat melakukan shalat jumat, ternyata masjid di tutup. Kontak dengan orang ramai pun tidak di izinkan dan untuk tidak keluar tempat tinggal.

Begitu juga saat sahuddin berasil mendapat izin pulang, disetiap bandara, mulai dari bandara di China, hingga sampai ke Malaysia dan sampa di Aceh, di periksa kesehetan dan di cek suhu badan serta di ditanyak tentang riwayat melancong atau pernah melakukan perjalanan ke Wuhan.

“informasi yang saya peroleh, di Nanjing pada awalnya dua orang yang meninggal dunia. Hingga hari ini, Selasa  (28/01) sedikitnya 70 orang yang terjangkit virus corona,” ungkapnya.

Sahuddin berharap, rekan-rekannya bisa di pulangkan segera, karena tekanan batin bisa dialami bila lama berada dalam kondisi penyebaran virus corona tersebut.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif yang menjemput kepulangan Muhammad Sahuddin di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang menjelaskan bahwa dinas kesehatan sudah menyiapkan ruang dan tim untuk melakukan pemeriksaan di bandara.

“Dalam prosedur medis, bila kita periksa tidak ada tanda-tanda sakit, itu masuk kedalam data orang yang harus di awasi. Jadi, Muhammad Sahuddin di pulangkan sesudah mengisi informasi data diri, seperti nomor telephone alamat tempat tinggal dan lainnya,” jelas dr Hanif.

Dia juga menambahkan bahwa sesudah di periksa Muhammad Sahuddin tidak terdapat tanda-tanda yang kita curigai, seperti naiknya suhu tubuh dan tidak ditemui kelainnya sesudah di periksa.

“Saat diperiksa tidak ada ditemukan kelainan, jadi di pulangkan dan tetap diawasi selama 28 hari dari hari ini. Bila kemudian timbul demam tinggi dan tanda-tanda lainnya bisa segera menguhubungi tim dinas kesehatan. Agar segera mendapatkan perawatan kesehatan,” ungkap dr Hanif.

dr Hanif juga berharap, Muhammad Sahuddin serta seluruh mahasiswa Aceh yang masih berada di China dalam kondisi sehat dan bisa segera bertemu dengan keluarganya.

 “Saya berharap tidak terjadi apa-apa terhadap Muhammad Sahuddin, semoga sehat, bisa bertemu kembali dengan keluarga di Aceh Barad Daya,” tutup Hanif.

Berikut data sementara nama-nama mahasiswa atau pelajar yang sudah berasil keluar dari Negara China adalah sebagai berikut :

1. Mulia Mardi sudah berada di Aceh

2. Nia Alfi Khaira sudah berada di Aceh Dari tgl 27 January

3. Dinda destari – tgl 27 berangkat dari Beijing-Jakarta di Jakarta hotel Dan segalanya ditanggung pihak kantor penghubung Aceh, sudah kembali ke Aceh tgl 28 January 2020

4. Maria Effi Yana – sudah Beli tgl 27-01-2020 berangkat dari shanghai ke Kuala Lumpur, Kuala Lumpur Banda Aceh sudah dibeli Dinas Sosial. Tiba di banda Aceh 28 01 2020 jam 17.00 Wib akan dijemput oleh posko dinas kesehatan

5. Muhammad Sahuddin 28-01-2020 berangkat dari Kuala Lumpur-B.Aceh Tiba di banda Aceh 28 01 2020 jam 10.45 Wib akan dijemput oleh posko dinas kesehatan

6. Genta Mardika Putra 28-01-2020 berangkat dari Fuzhou ke Guangzhou,Guangzhou ke Jakarta tiba tgl 29-01-2020, akan dijemput dijakarta oleh pihak Posko Aceh Jakarta Dan fasilitas penginapan, Jakarta-Banda Aceh belum ada Tiket

7. Mirna Yunita tgl 29-01-2020 berangkat dari Beijing ke JKT, akan dijemput dijakarta oleh pihak Posko Aceh Jakarta Dan fasilitas penginapan, Tiket JKT B. Aceh Belum Ada.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More