www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Menteri Desa ke Tanah Pasir Aceh Utara

0 552

Acehasia.com | Aceh Utara – Inovasi usaha pandai besi di Desa Pande, Kecamatan Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara diharapkan mampu menjawab kegelisahan Presiden Jokowi selama ini soal Cangkul yang harus impor dari negara lain.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Menteri Desa PDTT RI, Drs. H. Abdul Halim Iskandar, dalam sambutannya saat mengunjungi usaha pandai besi di Desa Pande bersama Anggota Komisi V DPR RI H. Ruslan M. Daud, dan Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara beserta rombongan Forkopimda, Minggu (15/03/2020).

“Saya teringat, pak Presiden pernah mengeluh terkait dengan impor cangkul. Lha, kok cangkul saja harus impor. Maka saya melihat pandai besi disini (Desa Pande) ada potensi, namun nanti coba kita upayakan dengan membuka produksi secara penggunaan tepat guna supaya produksinya itu cepat,” ujar Abdul Halim.

Dalam hal ini, dirinya juga menyempatkan waktu untuk melihat langsung bagaimana proses pembuatan ‘Pandai Besi’ beberapa produk seperti cangkul, parang, pisau, arit, dan beberapa peralatan perkebunan maupun pertanian.

Ia juga memberikan bantuan modal usaha kepada Bumdes setempat senilai Rp 50 juta. Abdul Halim juga menyampaikan beberapa hal kepada Forkopimda dan para Geuchik, diantaranya Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2020. Disebutkan, di tahun 2020 ini dana desa tidak lagi transit di Kabupaten.

“Dana di tahun 2020 ini langsung ditransfer ke rekening kas desa masing-masing. Dan, pencairannya langsung 40 persen untuk tahap pertama, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. Dana desa kali ini tidak lagi transit melalui Kabupaten, artinya langsung ditransfer ke rekening kas desa,” imbuh Abdul Halim. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More