www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Menteri Agama RI Resmikan Gedung PLHUT Aceh Besar Dan Buka Dialog Umat Beragama

0 344

Acehasia, Aceh Besar |  Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) H Fachrul Razi, melakukan penandatanganan prasasti peresmian Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Aceh Besar di Kota Jantho, yang dilaksanakan di Banda Aceh, Minggu, (13/12/2020).

Selain meresmikan PLHUT Aceh Besar, Menteri Agama juga meresmikan gedung PLHUT Aceh Singkil dan sejumlah gedung KUA yang di bangun dari sumber dana Sukuk Negara atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Menurut Kepala Kankemenag Aceh Besar, Abrar Zym, dengan diresmikan gedung PLHUT ini, maka mulai tahun 2021 pelayanan administrasi dan pendaftaran calon jamaah haji dari Kabupaten Aceh Besar secara bertahap akan dilaksanakan di gedung PLHUT Kota Jantho, yang sebelumnya dilakukan di gedung eks kantor Kemenag Aceh Besar yang berlokasi di jalan Pocut Baren, Gampong Mulia, Banda Aceh.

“Dengan diresmikannya PLHUT ini, semua pengurusan terkait ibadah Haji dan Umrah, akan terpusat di Kota Jantho, tentu sangat memudahkan masyarakat,” katanya.

Disamping meresmikan sejumlah gedung fasilitas publik di Provinsi Aceh, Menag juga membuka kegiatan Dialog Tokoh agama dan tokoh masyarakat/adat yang berasal dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Aceh sebagai tuan rumah.

“Sebagai Menteri Agama, saya senang dan bangga dengan tokoh agama, tokoh masyarakat Aceh dan FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) yang terpangil untuk ikut serta dalam program Kita Cinta Papua,” kata Menag.

Menurut Fachrul Razi, gerakan dialog tokoh lintas agama di Aceh merupakan momentum penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia berpotensi menghadapi perpecahan bila kesepakatan nasional, yaitu Pancasila, jika tidak dijaga dan dirawat bersama.

“Keragaman itu adalah rahmat, bukan petaka. Bagi bangsa Indonesia, keragaman adalah takdir bukan untuk ditawar melainkan diterima. Kerukunan umat beragama adalah unsur utama dalam kerukunan nasional,” paparnya.

Pada pembukaan kegiatan tersebut Kepala Kankemenag Aceh Besar mendapat kepercayaan untuk memimpin pembacaan doa. [ ]

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More