www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Masyarakat Diharapkan Daftar Data Kependudukan Melalui Sensus 2020

0 797

Acehasia.com | Aceh Utara – Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melakukan Sensus Penduduk secara serentak di seluruh Indonesia. Kali ini, Sensus Penduduk di tahun 2020 dilakukan dengan cara dua kombinasi yaitu secara online dan wawancara.

Di Kabupaten Aceh Utara sendiri, berbagai sosialisasi terus dilakukan BPS setempat di berbagai tempat. Hingga Selasa (28/01/2020), sosialisasi dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Kepala BPS Aceh Utara, Nursaidah, yang dikonfirmasi Acehasia.com mengatakan Sensus Penduduk di tahun 2020 ini merupakan sensus yang ke tujuh atau yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. Tujuannya, dalam rangka mencatat angka kependudukan yang terus bertambah.

“Nah, jadi sekarang kita berada di tahun 2020. Maka saatnya kita melaksanakan kembali sensus Penduduk ini dan berbeda dengan sensus penduduk tahun-tahun sebelumnya. Perbedaannya, sensus kali ini dilakukan secara online dan wawancara,” kata Nursaidah Rabu (29/01/2020).

Puncak sensus kependudukan, sebut Nursaidah, akan berlangsung pada 15 Februari – 31 Maret 2020. Pada puncaknya nanti, masyarakat diharapkan mampu mengisi data kependudukannya sesuai identitas pada laman yang telah disiapkan.

Sosialisasi terkait pelaksanaan ini telah dilakukan di beberapa tempat terutama di sekolah dan kampus sebagai bentuk agar masyarakat dapat mengetahui bahwa di bulan Februari nanti pihaknya akan melaksanakan Sensus Penduduk secara serentak.

“Jadi sekarang kita gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat secara mandiri mengisi data kependudukannya. Sehingga di bulan Juli nanti petugas kita tidak banyak lagi yang harus didatangi ke rumah-rumah karena sudah banyak dilakukan pendataan sendiri oleh masyarakat kita,” kata Nursaidah.

Menurutnya, sensus penduduk sangat penting dilakukan karena setiap hari dan setiap saat terus terjadi perubahan kependudukan. Maka tujuan Pemerintah melaksanakan sensus besar ini adalah untuk mengupdate kondisi angka kependudukan sehingga para pengguna data bisa bermanfaat. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More