www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Masalah Tambang di Gayo, Masyarakat Minta Dewan Adat Mempertimbangkan Ulang

0 793

Acehasia.com | Banda Aceh – Ketua Dewan Adat Gayo (DAG), Tagore Abubakar yang mendukung rencana tambang di Kecamatan Linge, Aceh Tengah menjadi kontoversi. Hal ini lantaran ia selaku Ketua adat gayo mendukung kehadiran tambang PT. LMR. Kamis, (19/12/19)

Tagore mendukung rencana tambang lantaran untuk mensejahterakan rakyat dan tidak merusak situs sejarah Linge juga dinilai perlu kajian ulang.

Praktisi bidang pertanian dan lingkungan, Auliaddin mengatakan agar Dewan Adat seharusnya menolak tambang tersebut yang mungkin bisa merugikan masyarakat.

“Dewan adat gayo jangan memperkeruh suasana, pertambangan ini adalah soal yang serius yang menggantung peran anak cucu kita ke depannya. seharusnya mereka menolak karena dapat menimbulkan kerugian hingga konflik sosial yang dapat merugikan kita semuanya,” jelasnya.

Dukungan tesebut harus dipertimbangkan, tambah Auliauddin, karena tidak sesuai dengan fakta-fakta yang yang terjadi untuk masyarakat ke depannya. Ia berharap agar Dewan Adat dapat berfikir cerdas dalam hal ini dan mempertanyakan tugas, peran dan kontribusi terhadap kedaulatan tanah leluhur yang seharusnya dijaga bersama.

“Kita harus berfikir panjang mengenai persoalan ini karena menyangkut, ke sejahtera masyarakat, perekonomian, situs budaya, dan kehidupan masa depan kita,” tandasnya. (Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More