www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Laraska dari ANRI Berikan Layanan Restorasi Arsip Keluarga Saat Bencana

0 680

Upayakan Antisipasi Dokumen Rusak Saat Bencana Terjadi

Acehasia.com | Aceh Besar – Bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja. Saat bencana terjadi apapun bisa saja lenyap dan hancur seketika, termasuk dokumen-dokumen penting dalam keluarga. Sabtu, (7/12/19)

Hal inilah yang seharusnya diantisipasi oleh setiap keluarga sebelum terjadinya bencana dan juga menghindari dari kerusakan ataupun kehilangan dokumen penting seperti akta kelahirn, buku nikah, ijazah, Kartu keluarga, sertifikat tanah dan lain sebagainya.

Menurut Direktur Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar, dokumen perlu untuk dijaga dengan baik. Di sisi lain, Kandar menyampaikan bahwa upaya antisipasi berupa restorasi arsip dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti digitalisasi.

Sehubungan dengan restorasi arsip keluarga,  ANRI memiliki layanan perlindungan secara gratis. ANRI memiliki pelayanan untuk membantu dalam melindungi arsip.

“Kalau ada arsip yang rusak, kami siap melayani untuk membantu dan melatih dalam melindungi arsip,” ujar Kandar, saat memberikan materi Laraska pada peluncuran program Keluarga Tangguh Bencana pada di Pasie Jantang, Aceh Besar.

Layanan Restorasi Arsip Keluarga tau disingkat dengan Laraska merupakan layanan gratis kepada masyarakat untuk merestorasi atau memperbaiki fisik arsip keluarga.

Laraska dari ANRI ini selaras dengan program Keluarga Tangguh Bencana atau Katana yang peluncurannya dipusatkan di Pasie Jantang, Aceh Besar pada 6 – 8 Desember 2019. Dalam situasi bencana, tidak hanya manusianya yang perlu diselamatkan tetapi dokumen penting yang melekat sebagai identitas setiap individu maupun sebuah keluarga.

Katana ini merupakan bagian dari Desa Tangguh Bencana (Destana) dengan sasaran  prioritas masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Program yang akan diimplementasikan pada tahun 2020 ini diharapkan mampu untuk meningkatkan keselamatan dan ketangguhan keluarga dalam menghadapi kemungkinan atau potensi bahaya. (Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More