www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Lagi, Konflik Gajah Dengan Manusia di Aceh Utara, Puluhan Tanaman Sawit Dirusak

0 734

Acehasia.com | Aceh Utara – Puluhan batang pohon sawit bertumbangan akibat diamuk kawanan gajah liar di kawasan perkebunan warga di Dusun Bate Plang Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Resort KSDA 11 Aceh Utara sebagaimana keterangan warga di lapangan, menyebut bahwa ada sekitar 30-an gajah liar yang sempat memasuki perkebunan warga di dusun itu. Amukan gajah kali ini merupakan yang terparah sejak kejadian tahun 2018 lalu.

“Sejak tahun 2018 amukan gajah liar sudah beberapa kali terjadi, namun amukan paling parah terjadi di tahun 2020 ini dan sekitar 60-an batang tanaman sawit berbuah pasir kali ini dirusak,” kata Staf Resort KSDA 11 Aceh Utara, Nurdin, kepada Acehasia.com, Jum’at (14/02/2020).

Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga telah membagikan petasan untuk menghalau kawanan gajah jika suatu saat kembali lagi. Sementara, menurut pihaknya kawanan gajah tersebut masih berkeliaran di seputaran hutan tak jauh dari perkebunan warga.

Pada Kamis (13/02/2020) pihak Resort KSDA 11 Aceh Utara juga menemukan beberapa kotoran dan bekas jejak gajah yang masih baru. Namun, belum terpantau secara jelas posisi kawanan gajah-gajah Sumatera itu dimana. Hanya saja diprediksi masih berkeliaran tak jauh dari kebun warga.

“Pihak KSDA telah membantu mercon untuk meminimalisir kerusakan dari amukan gajah. Harapan masyarakat agar Pemerintah lebih serius menangani konflik gajah di wilayah ini. Sementara, gajah-gajah itu hanya berkeliaran di lima Kecamatan,” tukas Nurdin.

Kawanan gajah tersebut selama ini menurutnya berkeliaran dengan melintasi lima Kecamatan meliputi Dusun Bate Plang Nisam Antara, Sido Mulyo Kuta Makmur, Krueng Bare Simpang Kramat, Geureudong Pase, Bukit Apolo Meurah Meulia. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More