www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Koalisi NGO Ham Kecam Teror Terhadap Jurnalis

0 911

Acehasia.com | Banda Aceh – Koalisi NGO HAM mengecam pelaku aksi teror yang dilakukan pihak tidak dikenal terhadap awak media serambi indonesia di Aceh tenggara. Zulfikar Muhammad selaku Direktur Koalisi NGO HAM Aceh merasa bahwa keamanan di Aceh harus distabilkan dan meminimaisir aksi teror seperti ini agar tidak terjadi kepada jurnalis lain. Selasa, (30/7/19)

“Kondisi keamanan Aceh yang semakin membaik ini tidak boleh ternoda dengan aksi teror yang seperti ini, kita berharap kepolisian dapat bergerak cepat, tepat dalam menangkap pelaku dan mengantisipasi meluasnya aksi teror seperti ini kepada awak media lainnya,”tegasnya.

Dalam pelacakan kasus yang dilakukan tim Koalisi NGO HAM Aceh terhadap peristiwa yang menimpa Asnawi menemukan beberapa petunjuk yang dikira perlu ditelusuri oleh kepolisian. Petunjuk itu antara lain yaitu bahwa Asnawi selaku awak media sangat gencar menghadirkan informasi terkait pelawanan masyarakat terhadap berbagai dugaan kasus korupsi di Aceh Tenggara.

Menurut Zulfikar, keberpihakan media terhadap upaya pemberantasan korupsi ini mungkin membuat pihak-pihak tertentu gerah dan tidak senang. Hal ini diduga menjadi pemicu timbulnya kasus pembakarn rumah Asnawi.

Selain itu, Koalisi HAM Aceh juga melihat bahwa Asnawi juga melakukan peliputan terkait (Pembangkit Lisrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lawe.  Sikap dan soal pembangunan Muara Situlen yang disinyalir banyak mengakibatkan masalah.

Untuk itu Koalisi NGO HAM Aceh juga akan menurunkan tim guna melakukan investigasi terhadap peristiwa kekerasan yang dialami Asnawi. Untuk sementara Koalisi NGO HAM meminta agar Asnawi dan keluarga di bawa ke Banda Aceh agar dapat memulihkan trauma yang mungkin saja dialami anak-anaknya.(Ril/Hz)

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More