www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Kebakaran Lahap 12 Hektar Lahan Gambut di Aceh Barat

0 933

Sekitar 12 hektar hutan dan lahan gambut terbakar di Kecamatan Johan Pahlawan dan Kecamatan Bubon, Aceh Barat.(30/7/19)

Acehasia.com| Banda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) merilis informasi kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah di Aceh Barat. kebakaran berupa lahan gambut terjadi sejak tanggal 26 Juli 2019 pada pukul 12.30 WIB. Lokasi kejadian  titik pertama dekat pesantren, titik kedua jalan generasi lorong buntu Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan dan Desa Seuneubok Trap, Kecamatan Bubon. Selasa, (30/7/19)

Diperkirakan api muncul tiba-tiba di belakang rumah warga yang jarak ±25 meter. Melihat api sudah mendekat ke pemukiman, warga langsung melapor ke petugas Damkar melalui Kasdar yang kebetulan berada tidak jauh dari lokasi kejadian. Saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Kepolisian.

Dampak material luas lahan yang terbakar ± 12 Hektar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kondisi di Desa Seuneubok dekat pasantren  sudah dapat dipadamkan  seluas 1 hektar. Lokasi jalan Generasi Lr. Buntu. sudah mencapai luas ±1 hektar yang sudah dapat di padamkan 90% masih terdapat api. Untuk hari ini sudah di hentikan akan di lanjutkan besok pagi dan pemantauan terus di lakukan Pusdalops.

Lokasi Lokasi Kecamatan Bubon Desa Seneubok trap, sudah mencapai 10 hektar dan titik api masih ada, api yang sudah dapat dipadamkan berjumlah +- 30 % saat ini proses pemadaman di hentikan, dan akan di lanjutkan kembali esok hari.

Upaya yang dilakukan saat ini Kalaksa BPBD Aceh Barat secara sistem atau memerintahkan Kabid kedaruratan dan logistic, Kasi kedaruratan, Sekretaris BPBD Aceh Barat untuk memantau kondisi dan melaporkan dengan segera sebagai upaya penanganan lebih lanjut. Damkar mengerahkan 1 Unit Damkar 06 dan 1 buah  mesin robin ke  lokasi untuk melakukan  pemadaman dan pemantauan.

Dalam penanganan kasus terjadi keterbatasan sumber air dilokasi untuk dilakukan pemadaman. Unsur yang turut membantu dalam penanganan musibah ini yairu BPBD Aceh Barat,Polsek Johan Pahlawan ,Polres Aceh Barat,Kapolsek Bubon,Koramil Bubon dan Polhut Kp4.(Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More