www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Kebakaran Lahan dan Hutan di Aceh Mencapai 32 Ha

0 776

Acehasia.com | Banda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menginformasikan kondisi kebakaran sejak tanggal 26 Juli lalu. Sampai saat ini sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan seluas 32 Ha. Jumlah tersebut yang terjadi di 5 Kabupaten dari 23 Kab/Kota di Provinsi Aceh dengan kondisi hampir 90 persen dapat dipadam dan sisanya masih diupayakan. Kamis, (1/7/2019)

Untuk Kabupaten Aceh Barat ada 2 Kecamatan yang masih dilakukan pemadaman oleh pihak terkait. Kebakaran yang terjadi di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan   Pahlawan, Dekat Pesantren 1 Ha.

Saat ini kondisi masih berasap tebal, sedangkan di Jalan Generasi Lorong Buntu 1 Ha Sudah dapat Dipadamkan 90 persen. Desa Seuneubok Trap, Kecamatan Bubon masih dalam  pemadaman.

Kebakaran di Kabupaten Aceh Jaya, Dusun Kulam Awe Desa Keude Panga Kecamatan Panga (tepatnya di KM 179) luas terbakar 1 HadanSudah dapat dipadamkan.

Gampong Kuala Tripa Kec.Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, luas lahan dan hutan terbakar 1.5 Ha dan sudah dapat dipadamkan.

Kondisi di Kabupaten Gayo Lues di 3 kecamatan saat ini sudah dapat dipadamkan. Lokasi kebakaran diantaranya Desa Bukut Kec. Terangun, luas lahan yang terbakar 3 Ha. Desa Gele. Kec. Blangkejeren, luas lahan yang terbakar 4 Ha. Desa Reje Pudung, Kec. Terangun, luas lahan yang terbakar 4.5 Ha.

Sedangkan Kabupaten Aceh Besar tercatat ada 3 kecamatan yang mengalami kebakaran diantaranya Desa Paya Keureuleh dengan luas lahan terbakar mencapai 2 Ha. Desa Suka Muliya 1 Ha dan  Kecamatan Lembah Seulawah  sudah dapat dipadamkan.

Kebakaran di Desa Coet Sireutoh, Kecamatan Seulimeum 0.5 Ha dan Desa Sibreh Keumude, Kecamatan Suka Makmur 1H, semuanya sudah berhasil dipadamkan.

Keterbatasan sumber air dilokasi untuk dilakukan pemadaman menjadi faktor penghambat pemadamana. Sejauh ini BPBA mengirimkan bantuan berupa mobil tangki air, peralatan karhutla, belanja operasional logistik PB (untuk pelaksanaan dapur umum lapangan), dan bantuan logistik kegiatan penguatan kelembagaan.

Danru piket Damkar Reg.1, mengerahkan 1 Unit Damkar 06 dan 1 buah  mesin robin ke  lokasi untuk melakukan  pemadaman dan pemantauan. Mengarahkan 2 unit mesin pomba air karhutla untuk memadamkan lahan yang terbakar.(Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More