www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Kebakaran di Pirak Timu Hanguskan 8 Ruko dan Kubah Masjid Taqarrub

0 578

Acehasia.com | Aceh Utara – Musibah kebakaran yang menghanguskan sejumlah bangunan ruko kembali terjadi di Kabupaten Aceh Utara. Kali ini, delapan unit ruko ludes terbakar bahkan api juga merembet ke bagian kubah Masjid Taqarrub.

Kebakaran ini terjadi di Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (28/12/2019). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara mencatat, musibah kebakaran ini terjadi sekira pukul 07:15 WIB.

BPBD setempat juga mengerahkan empat unit armada kebakaran guna memadamkan api yang menguasai delapan ruko berkontruksi kayu dan satu kubah Masjid Taqarrub yang bersebelahan dengan ruko tersebut. Suasana kepanikan sempat berlangsung.

“Musibah ini terjadi pada Sabtu pagi sekira pukul 07:15 WIB. Awalnya Camat Pirak Timu mengabarkan kepada saya bahwa sedang terjadi kebakaran, lalu saya kerahkan empat unit armada kebakarn ke lokasi guna memadamkan api,” kata Kalaksa BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah, kepada Acehasia.com di lokasi pada Sabtu siang.

Pihaknya juga mencatat, bahwa selain menghanguskan delapan unit ruko juga berimbas pada dua ruko lainnya, namun tidak menghanguskan seluruh bangunan.

“Ada dua ruko lainnya yang berimbas dari api yang menghanguskan delapan ruko dan satu kubah Masjid Taqarrub,” tandas Amir.

Dalam hal ini pihaknya juga mendirikan tenda darurat di lokasi dan akan terus melakukan pemantauan terkait situasi perkembangan di lokasi. Sementara untuk bantuan masa panik, Amir menyebutkan sejumlah bantuan mulai berdatangan.

“Kami BPBD akan terus memantau perkembangan di lapangan dan akan melakukan gotongroyong membersihkan reruntuhan sisa kebakaran. Dapur umum juga dibuka selama satu minggu, mengingat musibah ini menghanguskan lebih dari lima bangunan,” terang Amir Hamzah didampingi Camat setempat, Ismohar. 

Sementara itu Geuchik Alue Bungkoh, Usman Cut, mengatakan akibat musibah kebakaran itu pemilik ruko kehilangan tempat tinggal, bahkan satu diantaranya mengalami luka lebam. Posko Pengungsian juga telah didirikan pihaknya untuk menampung korban.

“Musibah kebakaran ini menimbulkan satu warga bernama Muridha mengalami luka di bagian wajah dan tangan, luka lebam. Korban tersebut juga sempat dirujuk ke Puskesmas Pirak Timu, sementara korban lainnya kehilangan tempat tinggal,” kata Usman Cut.

Pantauan Acehasia.com di lokasi, bantuan berupa masa panik mulai berdatangan dari sejumlah pihak salah satunya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Sosial dan BPBD. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati, Fauzi Yusuf atau Sidom Peng. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More