www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Kebakaran di Aceh Utara Hanguskan Delapan Bangunan, Dinsos Turun Berikan Bantuan

0 705

Acehasia.com | Lhokseumawe – Musibah kebakaran menghanguskan delapan unit kedai dan rumah berkontruksi kayu di Simpang Ek Treun Desa Pusong, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Polisi mencatat, kebakaran terjadi dinihari Sabtu (01/02/2020) sekira pukul 03:30 WIB.

Kapolsek Samudera, AKP Erfansyah, mengutip keterangan warga mengatakan detik-detik kebakaran yang terjadi di wilayah hukum Polres Lhokseumawe itu (meskipun masih Aceh Utara) awalnya diketahui oleh Agus Riza (35). Ia melihat kobaran api dari salah satu rumah.

“Awalnya muncul api dari salah satu rumah yaitu milik Zulfikar alias Yek akibat konsleting listrik di bagian stop kulkas. Kemudian api menyambar ke semua bagian kios dan semakin membesar sehingga menyambar bangunan yang ada disampingnya,” kata Erfansyah dalam pesan singkat yang dikirim melalui Kasubag Humas Polres Lhokseumawe, Salman Alfarisi.

Mengetahui adanya musibah kebakaran itu, anggota Polsek Samudera di bantu Tim URC Polres Lhokseumawe bergerak cepat ke TKP dan berkoordinasi dengan pihak armada kebakaran. Enam unit armada kebakaran dari Pemkab Aceh Utara dan Pemko Lhokseumawe akhirnya tiba di TKP.

“20 menit kemudian enam unit armada kebakaran tiba di TKP dan melakukan upaya pemadaman kobaran api yang terus membesar. Tak lama setelah itu atau sekira pukul 05:00 WIB, api berhasil dipadamkan dan tidak memakan korban jiwa akibat musibah kebakaran ini,” tambah Erfansyah.

Pihaknya mencatat, api menghanguskan bangunan beserta isinya termasuk benda berharga milik korban. Untuk kerugian, diprediksi mencapai sekitar Rp 300 juta. Sementara itu, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) menyerahkan bantuan masa panik kepada para korban.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kadis Sosial, Zulkarnaini, didampingi beberapa relawan lembaga dan komunitas seperti Tagana, TKSK, IPSM dan PKH kepada para korban di Posko yang telah didirikan. Adapun bantuan berupa logistik (makanan), pakaian dan kain, peralatan sekolah, perlengkapan ibadah, perlengkapan rumah tangga. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More