www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Jaringan Aktifis 98 Kecam Pembakaran Rumah Jurnalis

0 898

Acehasia.com | Banda Aceh- Kejadian yang menimpa Asnawi, Jurnalis Serambi Indonesia di Aceh Tenggara menuwai kecaman dari sejumlah pihak. Salah satunya Muhammad MTA, jaringan aktifis 98 yang juga tokoh muda Aceh. Selasa (30 Juli 2019).

Kejadian yang menyebabkan rumah Asnawi ludes terbakar itu telah mencoreng kebebasan pers di era modern sekarang ini dan membuat sejumlah tokoh muda juga ikut berang.

Muhammad MTA mengecam pelaku untuk di tangkap dan di adili secara hukum dengan hukuman seberat mungkin. MTA yang juga salah seorang tim penasehat khusus Gubernur Aceh meminta pihak kepolisian membentuk tim khusus menangani khasus ini karena persoalan ini menyangkut dengan kerja-kerja jurnalis yang di lindungi oleh UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

“Apapun kondisinya insan pers harus dilindungi, jika dianggap pemberitaan menyudutkan pelaku, maka bisa ditempuh dengan menggunakan UU Pers. Jangan membakar rumah para pekerja pers. Semua telah diatu, mekanisme penyelesaian pers. Dan orang berhak atas sanggahan hak jawab atau klarifikasi.”. Jelas MTA.

MTA mengaku juga pernah mengalami hal yang sama, rumah orang tuanya sempat dibakar oleh OTK di wilah Pidie beberapa tahun lalu. Pembakaran itu dipacu karena MTA sangat kritis menyikapi persolan kisruh Pilkada waktu itu.

“Saya sempat menjadi korban, dimana rumah kami dibakar oleh OTK. Hingga kini belum ada pelaku yang ditahan dan diproses secara hukum. Sesama korban, saya ikut berdoa kepada Asnawi dan keluar agar diberkan ketabahan.” Tutupnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More