www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

IPSM Himbau Warga Tak Meminjam Uang di Kredit Online

0 819

Acehasia.com | Banda Aceh-
Maraknya Sistem kredit online membuat sebagian warga resah. Warga diminta berhati-hati dengan tawaran yang masuk melalui handphone dan media sosial, Mereka menawarkan pinjaman lunak dengan bunga tinggi dan waktu pembayaran singkat. Rabu (17/07/2019)

Keresahan itu dirasakan oleh Safwan Nurdin, Ketua Umum Ikatan Pekerjaan Sosial Masyarakat Provinsi Aceh. Safwan menduga ada praktek melanggar syariah dalam system yang ditawarkan oleh kredit online tersebut.

Dari data Ikatan Pekerja Social Masyarakat Provinsi Aceh menyebutkan beberapa masalah diantaranya penagihan hingga masalah bunga terlalu tinggi serta jatuh tempo yang sangat singkat, satu hingga dua minggu akan menyebabkan debitur terjerat utang. Akibatnya uang tersebut tidak bisa di gunakan secara produktif untuk meningkatkan pendapatan sehingga debitur tidak mampu membayar. Akibatnya debitur berhutang lagi ke kredit online yang lainnya. Hal ini akan menyebabkan debitur terjerat kredit secara berkelanjutan.

Safwan menduga sistim kredit online ini tidak memberikan keuntungan kepada para debitur, malah menjerat mereka kedalam hutang yang berkepanjangan.

“Untuk itu kita mendorong pemerintah Aceh agar bertindak tegas dan melarang kredit online beroperasi di Aceh dengan bunga tinggi serta sistim penagihan yang tidak berpihak kepada para debitur. Hal tersebut tidak sesuai dengan kultur pelaksanaan syariat Islam Aceh. Ujar Safwan.

Safwan menambahkan “OJK Aceh bisa menertibkan kredit online yang tidak memenuhi aturan sebagai lembaga pemberi kredit.”

Safwan juga berharap kepada masyarakat Aceh agar tidak mengambil kredit pada layanan kredit online yang berbunga tinggi karena bisa terjerat utang secara berkesinambungan.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More