www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

ini Bakti Sosial Puspa di Beutong Ateuh

0 989

Acehasia.com | Beutong Ateuh- Sedikitnya 33 perempuan dan 16 disabiltas di Kecamatan Beutong  Ateuh mendapatkan santunan dari Forum Aceh Keumalahayati. Santunan tersebut merupakan bagian dari kegiatan berbagi Lembaga Puspa yang dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 31 Desember hingga 1 Januari 2020 di beutong Ateuh, Nagan Raya, Kamis (2/01/2020).

Kegiatan ini di dukung oleh anggota Forum, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Dinas Sosial Aceh, Pemerintahan setempat, TNI, Polri. Dari Dinas Sosial Aceh ikut menyerahkan 4 kursi roda yang dibagikan kepada 2 disabilitas dan 2 lansia.

Ketua Forum Puspa, Amrina Habibi menjelaskan kegiatan berbagi ini dilakukan sebagai bentuk konsekwensi dan tanggung jawab Puspa dalam mengkonsolidasikan partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak di Aceh.

Amrina juga menambahkah bahwa beberapa rangkaian acara yang dilakukan dalam bakti sosial ini adalah temu ramah dan sosialisasi perangkat hukum perlindungan perempuan dan anak yang dilakukan didepan masjid Desa Puuk dan terintegrasi dengan penutupan MTQ.

“Forum Puspa fokus pada tiga isu yaitu akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri trafficking/perdagangan manusia serta akhiri ketidak adilan ekonomi bagi perempuan,” ungkap amrina dalam sambutannya.

Dia juga menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi anak-anak yang hadir. Anak-anak diajarkan slogan siapa kita ,kita anak Indonesia dan Anak Indonseia 100 persen cinta Indonesia, simulasi hak anak dalam tepuk hak anak dan bahaya kekerasan dalam membangun ketahanan keluarga. Kegiatan semakin menarik dengan diselingi beberapa aktifitas anak lainnya.

Selain itu, menanam pohon juga menjadi bagian penting dari rangkai kegiatan bakti social puspa. Peserta kegiatan juga melakukan gotong royong yang dilakukan di masjid Desa Puuk  dan tugu Cut Nyak Dhie.

 “1 pohon 5 generasi, yang merupakan program inovasi Puspa Aceh yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Menteri Negara pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Repeublik Indonesia pada perayaan puncak hari ibu ke 91 di Semarang Jawa Tengah sebagai salah satu kegiatan inovasi,” tambah Amrina.

Kegiatan penanaman pohon dan gotong royong di lakukan di tegu Cut Nyak Dhein. Kegiatan penanaman pohon dan gotong royong ini dibantu oleh Yonif 116/Lettu Inf dengan melibatkan anggotanya.   

Juga ada kegiatan mewarnai sketsa Cut Nyak dhie serta kegiatan literasi membaca sejarah Cut Nyak Dhein. Peserta lomba menceritakan kembali sejarah Cut Nyak Dhein dengan gaya dan bahasa yang sangat menghibur. Setiap pemenang mendapatkan hadiah. Selain itu juga ada lomba permainan tradisonal, Silop Kayee, yang diikuti tidak kurang dari 15 Tim anak anak .

Kegiatan bakti social ini turut di hadiri dan di bantu oleh Danki B Yonif 116/Lettu Inf Yanyan Mulyana, Kabag Humas dan Protokol Pemkab, M.Maksum dan Danposramil setempat. Dan diakhir kegiatan turut mengunjungi isteri dan keluarga Tgk. Bantaqiah sebagai sebuah sejarah yang penting untuk menjadi pembelajran buat semua.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More