www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Hujan Lebat, Tiga Kecamatan di Aceh Utara Dilanda Banjir

0 869

Acehasia.com | Aceh Utara – Sejumlah desa ditiga Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara, sejak Selasa (12/11/2019) pagi dilanda banjir akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Senin malam (11/11/2019). Ketinggian air juga bervariasi, mulai dari 30 cm – 70 cm.

Tiga Kecamatan yang dimaksud antara lain Kecamatan Matangkuli, Kecamatan Pirak Timu, dan Kecamatan Tanah Luas. Jajaran Kepolisian Resort Aceh Utara mencatat, terdapat 14 desa yang terendam banjir di Kecamatan Matangkuli dan 12 desa di Kecamatan Pirak Timu.

Sementara di Kecamatan Tanah Luas, Camat setempat Usman K yang dikonfirmasi media ini menyebutkan terdapat tiga desa yang terendam banjir meliputi Desa Blang, Desa Serba Jaman Baroh dan Desa Tanjong Mesjid. Namun, debit air sudah surut.

“Hanya tiga desa yang terendam banjir tadi pagi, dan kini sudah surut. Tetapi kita tetap memantau perkembangan dan meminta kepala desa agar segera memberitahukan jikapun banjir kembali terjadi,” kata Camat Tanah Luas, Usman K.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Amir Hamzah, mengatakan hingga saat ini ia bersama anggotanya masih di lokasi banjir untuk melakukan upaya evakuasi bagi warga yang terjebak banjir. Pihaknya turut menurunkan dua unit boat karet guna menyusuri titik parah.

“Perkembangan hingga malam ini (Selasa) masih stabil, debit air tidak meningkat dan tidak menurun. Kendati kami tetap bersiaga di lapangan untuk memantau perkembangan, dan ini saya bersama personel BPBD dan SAR juga melakukan evakuasi warga,” kata Amir Hamzah dikonfirmasi media ini.

Adapun desa-desa di Kecamatan Matangkuli yang terendam banjir sebagai data yang diperoleh media ini dari jajaran Polres Aceh Utara meliputi Desa Alue Thoe, Hagu, Lawang, Tanjong Haji Muda, Pante Pirak, Leubok Pirak, Siren, Tumpok Barat, Tanjong Tgk Kari, Mee, Ceubrek Pirak, Teungoh Seuleuma, Alue Euntok, dan Meuria.

“Hingga saat ini masyarakat masih bertahan dirumah masing-masing dan belum ada titik pengungsian. Dan ada beberapa ruas jalan di beberapa desa yang sudah tidak bisa di lalui dengan kenderaan. Warga terpaksa menempuh jalur banjir berjalan kaki dan menggunakan sampan tradisional guna untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari,” kata Kapolsek Matangkuli, Iptu Sudiya Karya.

Sedangkan desa-desa yang terendam banjir di Kecamatan Pirak Timu meliputi Desa Alue Bungkoh, Krueng Pirak, Meunye Tujoh, Teupin U, Ceumeucet, Leupe, Matang Keh, Rayeuk Pange, Bungong, Geulumpang, Asan Krueng Kreh, dan Beuracan Rata. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More