www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Landa Aceh Utara, Sejumlah Rumah Rusak

0 562

Acehasia.com | Aceh Utara – Sejumlah rumah di beberapa desa pada empat Kecamatan wilayah Kabupaten Aceh Utara mengalami kerusakan berat dan ringan akibat hujan lebat yang mengguyur disertai angin kencang puting beliung, Selasa sore (09/06/2020). Warga juga sempat panik dan berlarian menyelamatkan diri.

Adapun jumlah rumah yang terdampak sebagaimana data yang diperoleh Acehasia.com yaitu 12 rumah di Kecamatan Paya Bakong meliputi Desa Hasan Seuleumak, Desa Pucuk Alue, Desa Tek-Tek, dan Desa Cot Teufah. Dua rumah di Kecamatan Tanah Luas meliputi Desa Matang Baloi. Tiga rumah di Kecamatan Nibong meliputi Desa Ranto dan Desa Seulunyok.

Kemudian, 10 rumah di Kecamatan Meurah Meulia meliputi Desa Blang Reuma, Desa Meunjee Payong, Desa Meunje Peut, Desa Baroh Kuta Batee, Desa Mee, dan Desa Meunasah Mesjid. Rata-rata, kerusakan rumah akibat angin puting beliung ini ketimpa pohon dan atap/seng beterbangan. Hingga senin malam, sebagian rumah yang rusak belum diperbaiki.

Di Kecamatan Paya Bakong, Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto, melalui Kapolsek Paya Bakong Ipda Pujianto, menyebutkan masing-masing pemilik rumah yaitu Nasriati (30), Idris (60), Basri (25), Saini (35), Kamariah AB (35), Bukhari (38), Asiah (70), Hamdani (50), Husniah (50), Irfan (28), M. Fitriani (28), dan Selamat (40).

Sementara di Kecamatan Nibong, Kapolsek setempat Ipda Jimmy Hasibuan menuturkan tiga rumah yang rusak masing-masing milik Marwati (35), Jailani (46), dan Muhammad (55). “Kejadiannya sekitar pukul 17:00 WIB. Tidak ada korban jiwa, namun korban mengalami kerugian,” ujar Ipda Jimmy kepada wartawan.

Untuk Kecamatan Tanah Luas, informasi yang diperoleh Acehasia.com terdapat dua rumah yang rusak akibat bencana ini. Masing-masing pemiliknya Musnaini (47) dan Alhadi (45). Bahkan, selain kerusakan rumah, arus listrik di tujuh desa dalam Kecamatan itu juga padam hingga Senin malam akibat adanya tiang listrik yang tumbang setelah tertimpa pohon.

Sedangkan di Kecamatan Meurah Meulia yang merupakan wilayah hukum Polres Lhokseumawe, Kapolres setempat AKBP Eko Hartanto melalui Kasubag Humas, Salman Alfarisi, kepada wartawan menyebutkan 10 rumah yang rusak masing-masing milik Juariah (56), Zulkifli Jalil (65), Muhammad (30), Khairullah (34), Juwairiah (65), Bakhtiar (30), Muhammad Yusuf (46), Lukman M. Yakob (34), Aminah (46), dan M. Nasir (38).

“Selain rumah, puting beliung juga merusak bagian atap/seng Puskesmas Meurah Meuli di Jungka Gajah. Tidak ada korban jiwa maupun cidera akibat kejadian ini, untuk kerugian materil juga belum dapat diperkirakan. Muspika juga akan mengajukan bantuan masa panik ke Dinas Sosial Aceh Utara,” kata Salman Alfarisi. (Chairul)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More