www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Hari Guru Indonesia, Bupati Aceh Utara Bacakan Amanat Nadiem Makarim

0 726

Acehasia.com | Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar upacara pengibaran bendera merah putih yang berlangsung di lapangan upacara Lhoksukon dalam rangka memperingati Persatuan Guru Republik Indonesia dan Hari Guru Nasional (PGRI/HGN) ke 74, Senin (25/11/2019).

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib atau Cek Mad dalam kesempatan ini turut bertindak sebagai Pembina Upacara di hadapan seribuan peserta upacara maupun perwakilan Forkopimda setempat. Sementara PGRI/HGN kali ini mengusung tema “Guru Penggerak Indonesia Maju”.

Dalam hal ini Bupati Aceh Utara turut membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Pada intinya, isi amanat tersebut menyebutkan bahwa guru ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

“Guru Indonesia yang tercinta, tugas anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan,” demikian Cek Mad membacakan amanat Nadiem Anwar Makarim.

Guru, sebut Nadiem sebagaimana dibacakan Bupati, ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas tetapi waktu habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

“Anda (guru) ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan. Anda frustrasi karena Anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal,” terang Nadiem dalam amanatnya.

Pantau Acehasia.com di lokasi, upacara tersebut turut dihadiri Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin, Pabung Kodim 0103/Aut Mayor CBA Jumi’in, Kasiren Korem 011/Lw Letkol Inf Anton W, perwakilan Satradar, Lanal, para Guru, Asisten dan SKPK serta sejumlah perwakilan Forkopimda lainnya. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More