www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Hari Bela Negara, Bupati Aceh Utara Bacakan Amanat Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

0 627

Acehasia.com | Aceh Utara – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara yang berlangsung di lapangan serbaguna Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (19/12/2019).

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib atau Cek Mad selaku Pembina Upacara turut membacakan amanat Sekjen Dewan Ketahanan Nasional, Laksamana Madya TNI Achmad Djamaluddin dihadapan ratusan peserta upacara didominasi ASN.

Dalam amanat itu disebutkan bahwa semenjak Mr Syafroedin Prawinegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukit Tinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul-menyusul silih berganti.

Untuk itu, dewasa ini untuk saling mencermati bahwa tantangan yang dihadapi Bangsa dan Negara semakin hari semakin berat dan bahkan beragam bentuknya. Sebagaimana telah diingatkan Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tetapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI. Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian,” kata Cek Mad membacakan amanat.

Ditambahkan, aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM dengan pengamalan nilai-nilai Bela Negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi Negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan Negara.

“Dalam aktualisasinya, Bela Negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula,” tukas Cek Mad bacakan amanat Sekjen Dewan Ketahanan Nasional.

Upacara yang selesai sekira pukul 09:35 WIB itu turut dihadiri Waka Polres Aceh Utara yaitu Kompol Edwin Aldro, mewakili Korem 011/Lw oleh Mayor Inf M. Nur, Pabung Kodim 0103/Aut Mayor CBA Jumi’in, mewakili Lanal Lhokseumawe oleh Mayor Laut (P) Muhid Ridwan, para ASN dan jajaran. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More