www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

GEN-A Mengadakan Training Virtual

0 127

Banda Aceh – LSM Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) melalui sub-unit Generation of Fundamental Capacity Educator (G-FORCE) mengadakan pelatihan virtual dengan tema Understanding Yourself and Your Potential to Conquer the College Hood”, Minggu (18/7/21).

Pelatihan ini sebagai upaya mempersiapkan calon mahasiswa baru agar lebih siap memulai perkuliahan dengan rencana pengembangan diri nantinya. Pelatihan ini diadakan selama 2 hari (17-18 Juli), dengan melibatkan mahasiswa sebagai peserta.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dan menggunakan waktu yang terbatas selama dalam periode perkuliahan untuk menjadi generasi unggul dan role model di kampus dan di masyarakat.

Training kali ini terdiri dari 4 materi yaitu Strategi pengembangan diri di masa perkuliahan, lalu Memahami gaya belajar yang efektif, Katarsis dan mekanisme coping untuk ketangguhan mental dalam perkuliahan, danTawazun: seni keseimbangan antara ibadah dan kehidupan kampus. Materi tersebut disampaikan Imam Maulana, S.Ked., Ns. Tazkiah, S.Kep., Nurbaiti, S.Psi., dan Qathrul Mubarak, S. Ked, Ch, CSTEMI.,  yang merupakan trainer GEN-A dan juga anak muda berprestasi.

Salah satu peserta training Syuja Rafiqi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang bermanfaat trutama bagi mahasiswa dalam menuntut ilmu.

Sebagai mahasiswa baru, saya dapat banyak gambaran tentang dunia perkuliahan dan bagaimana cara menghadapi hal-hal yang biasanya menjadi kendala atau tantangan untuk mahasiswa, saya juga jadi tahu bagaimana tips-tips menarik yang dapat membantu saya nantinya selama perkuliahan,” jelasnya.

Tak hanya Syuja, hal yang sama juga diungkapkan oleh mahasiswa lainnya Herin Nadhira. Menurutnya, para trainer memberikan materi yang mudah dipahami dan relate dengan kehidupan sehari-hari sehingga saya jadi paham apa tujuan materi-materi tersebut.

“Suasana trainingnya juga menyenangkan sehingga saya menikmati alur trainingnya tanpa adanya rasa bosan ataupun tegang,” kata Herin.

Qathrul Mubarak selaku ketua panitia juga menambahkan tujuan dari kegiatan training ini salah satunya untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa.

Tujuannya untuk memberikan inspirasi, informasi, dan motivasi kepada trainee terutama yang masih berstatus mahasiswa baru, supaya mereka punya panduan dalam menjalani kehidupan kampus. Selain itu juga sebagai wadah memberdayakan trainer G-FORCE untuk menebar manfaat sebanyak mungkin, ungkap Qathrul Mubarak.

Pada kesempatan yang sama, Co-founder G-FORCE GEN-A Randika Richard Rosefa berharap agar G-FORCE bisa memberikan banyak kebermanfaatan dan bisa mengadakan kegiatan-kegiatan yang berguna lainnya.

Besar harapannya G-FORCE bisa mengadakan kegiatan yang berguna khususnya dalam hal capacity building dan terus berkelanjutan nantinya. Semoga bisa mengadakan lagi TNG-FORCE 2.0 untuk melahirkan trainer-trainer G-FORCE GEN-A yang baru,” ujar Richard.[]

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More