www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Gempa Tektonik M 4.2 Guncang Aceh Barat

0 823

Acehasia.com | Medan – Aceh Barat diguncang gempa bumi tektonik pada Rabu, 31 Juli 2019, pukul 14:36:25 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan 4,2 Magnetudo. Terletak pada koordinat 4.67 LU dan 96.11 BT, atau berlokasi di darat, 24 km Barat Laut Kabupaten Aceh Barat pada kedalaman 13 km.

Dengan memperhatikan lokasi Episenter dan kedalaman Hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Aceh.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Calang dengan kekuatan II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

hasil monitoring BMKG, hingga pukul 15:50 WIB menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan, aftershock. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(Ril/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More