www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Geger, Harimau Masuk Pemukiman dan Mangsa Sapi Warga Di Aceh Utara

0 874

Acehasia.com | Aceh Utara – Warga di salah satu Desa dalam Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara geger dengan adanya Harimau Sumatera yang berkeliaran di pemukiman setempat sejak sebulan ini. Tak hanya itu, lima sapi milik warga pun turut dimangsa hewan yang dilindungi ini. Kamis (28/11/2019).

Tokoh masyarakat setempat, Zakarial Mihra, saat ditemui Acehasia.com di lokasi menuturkan, kejadian tersebut mulai berlangsung sejak akhir Oktober lalu. Di mana waktu itu Harimau tersebut hanya memangsa tiga sapi milik Mahmud yang diikat tak jauh dari pemukiman warga.

Berselang 21 hari, hewan tersebut kembali memangsa ternak warga kali ini satu ekor sapi milik Paimin (30). Tak sampai disitu, pada Rabu malam (27/11/2019) sekira pukul 23:50 WIB giliran sapi milik Sukidi (65) yang dimangsa. Sapi betina itupun mati seketika dengan sejumlah luka dibagian leher, tubuh dan punggung.

“Hanya berselang 21 hari setelah memangsa tiga sapi milik pak Mahmud, harimau itu kembali memangsa sapi milik Paimin dan Sukidi. Lokasinya padahal tidak jauh dari rumah warga, seperti sapi milik pak Sukidi awalnya di dalam kandang tak jauh dari rumahnya,” kata Zakarial didampingi Babinsa Koramil Langkahan.

Amatan Acehasia.com, bangkai sapi milik Sukidi masih tersisa tepat dibelakang rumah Sukidi. Selain itu, tampak jelas bekas-bekas jejak Harimau baik ukuran besar dan kecil. Ini diperkuat warga bahwa Harimau itu merupakan induk dan anaknya, bahkan sempat kepergok warga.

Kondisi ini justeru menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat setempat yang berkebun dan beternak setiap harinya. Namun sebagai bentuk antisipasi, pihak desa telah mengimbau warganya untuk meningkatkan kewaspadaan.

Sementara itu Sukidi kepada Acehasia.com, mengatakan saat itu dirinya sedang tertidur di rumah. Tiba-tiba ia terbangun dan mendengar suara riuh sapi di kandang, ia pun mengarahkan senter ke arah kandang. Namun sontak kaget, ia tercengang dan gemetar bahwa apa yang dilihat bukanlah hal biasa.

“Saya langsung lemas tidak bisa berbuat apa-apa, saya arahkan senter dari dalam rumah. Ketika itu Harimau yang saya lihat hanya satu sedang mencabik-cabik sapi milik saya. Keesokan paginya saya lihat sapi sudah mati dengan kondisi punggung terluka parah,” ujar Sukidi.

Hal serupa disampaikan Paimin, sapi miliknya juga mati dimangsa Harimau itu. Awalnya ia tidak menyangka jika ancaman Harimau tersebut bisa sampai ke pemukiman. Bahkan ia sendiri juga sempat melihat sapinya sedang dimangsa, justeru ia merasa khawatir jika ini terus terjadi.

Zakarial Mihra dalam hal ini telah melaporkan secara lisan kepada pihak terkait yakni BKSDA Aceh melalui Seksi I Wilayah Lhokseumawe.

“Sudah saya beritahukan, untuk selanjutnya menunggu upaya apa yang harus kita lakukan. Sementara saya masih berbentuk imbauan agar masyarakat tetap waspada, dan jangan terlalu jauh melepaskan hewan ternak mereka,” terang Zakarial. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More