www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Empat Unit Gubuk Roboh Diamuk Puluhan Gajah Liar

0 730

Acehasia.com | Aceh Utara – Sejumlah empat unit gubuk di Desa Alue Rime, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara roboh diamuk kawanan gajah liar yang memasuki perkebunan warga sejak sepekan terakhir ini. Selain gubuk, beberapa tanaman pertanian warga juga dirusak, Senin (11/11/2019).

Abu Leman (50), menyebutkan kawanan gajah diketahui berjumlah sekitar dua puluh ekor dan pecah menjadi beberapa kelompok satu diantaranya terdapat anakan. Kini, beberapa petani setempat khawatir untuk berkebun.

“Gajahnya ada sekitar dua puluh ekor, dan satu kelompok berjumlah tiga ekor terdapat satu anakan. Kami hanya berupaya menghalaunya dengan bunyian petasan meski tidak maksimal,” ujar Abu Leman merupakan salah satu pemilik gubuk yang roboh.

Sementara itu Leader CRU Cot Girek Aceh Utara, Zaikyatuddin Syah, mengatakan pihaknya sejak kemarin sudah melakukan upaya sejak menerima informasi dari masyarakat. Bermodal petasan, Tim CRU bersama Ranger dan masyarakat berupaya giring gajah meski hasil tidak maksimal.

“Setelah menerima informasi adanya gangguan gajah liar, kami bergerak ke lokasi dan memberikan petasan sebagai upaya agar kawanan gajah itu keluar dari kebun masyarakat. Keterbatasan alat juga menjadi kendala untuk menangani persoalan ini,” kata Zaikyatuddin.

Pihaknya mendata, empat unit gubuk yang roboh diamuk gajah masing-masing milik Abu Leman, Munir, Ishak, dan Saifuddin.

“Tanaman yang dirusak juga beragam antara lain pisang, pinang, tanaman rambong atau pohon karet dan beberapa tanaman lainnya,” sambungnya.

Sementara Ketua Tim Ranger Pirak Timu, Muhammad Isa, berharap kepada Pemerintah melalui Dinas Kehutanan untuk merespone persoalan ini.

“Setidaknya Dinas Kehutanan bisa memberikan mercon kepada kami sebagai upaya menghalau gajah, kami juga butuh bibit tanaman,” tutupnya. (Chairul/Hz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More