www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Coba Espedisi Arung Jeram Samarkilang

0 981

Acehasia.com | Samarkilang- Tim Explore Samarkilang yang melakukan espedisi arung jeram melakukan penyusuran sungai yang melintasi hutan Serule Kabupaten Aceh Tengah hingga Samar Kilang Kabupaten Bener Meriah. Kamis ( 27 Juli 2019)

Epedisi yang diketuai Camat Syiah Utama Bener Meriah dan Khalisuddin tim dari Kepala Dinas Pariwisata setempat melakukan perjalanan selama dua hari, dari tanggal 23 sampai dengan 25 Juli 2019.  Selain para pecinta arung jeram, warga setempat juga ikut serta dalam kegiatan ini.

“ Perjalananan bertajuk Samarkilang Explore I ini menempuh perjalanan lebih kurang 60 kilometer dengan 20 anggota tim.  Tujuan kegiatan ini untuk menggali potensi wisata, lokasi camping, fishing dan marga satwa yang ada di sepanjang suangai di kawasan Bener Meriah-Aceh tengah,” ungkap Khalisuddin.

Foto : Khalisuddin For acehasia.com.

Khalisuddin menjelaskan bahwa perjalanan ini juga menjadi perjalannya untuk mengetahui situasi dan kondisi wilayah tersebut.

“Misi berjalan lancar walau penuh tantangan alam bebas. Ini semua tentu karena kerjasama tim yang baik,” ungkapnya.

Dijelaskannya bawah di sejumlah titik pemandangan sangat indah dengan karakter beragam. Hutan pinus, hutan tropis, karang terjal dan batu-batu besar. “Eksotis air terjun juga menghiasi perjalanan, dan tentu saja berbagai jenis ikan masih mudah didapatkan,” tambahnya.

Selain itu juga satwa seperti berbagai jenis burung, landak dan lain-lain masih ditemui di sepanjang perjalanan.

“Kita akan coba mengemas paket wisata ini, tentu setelah melengkapi data-data lainnya terkait potensi wisata Samar Kilang,” tandas Khalisuddin.

Sementara menurut trip leader, Abdul Hadi, grade sungai yang dilalui beragam mulai grade 1 sampai 5. Perjalanan juga diwarnai dengan portaging (mengangkat perahu di darat) karena ada bagian sungai yang mengalir dibawah bebatuan.  Juga ada lining, yakni memindahkan perahu tanpa awak.

“Kami kurang beruntung karena air sungai sedang keruh, seandainya jernih tentu saja lebih eksotik lagi panoramanya,” tambah Abdul Hadi.

Adapun komponen pendukung misi tersebut diantaranya dari Dinas Pariwisata Bener Meriah, Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Aceh Tengah dan Bener Meriah, Komatiga, Gayo Adventure serta Forum Reje dan pemuda Syiah Utama. (Azhar).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More