www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Catat ! Ini Persyaratan Buat Akta Kematian

0 407

Acehasia.com | Banda Aceh – Pembuatan Akta Kematian menjadi salah satu dokumen penting untuk mengurus berbagai hal, salah satunya permohonan santunan kematian. Untuk itu, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh menyampaikan persyaratan yang diperlukan untuk membuat akta kematian.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh Dra. Emila Sovayana, pada Selasa (9/6/20) di Kantor Disdukcapil.

Ada empat persyaratan yang harus dipersiapkan oleh ahli waris/wali yang bersangkutan, diantaranya membawa surat kematian yang diperoleh dari dokter/petugas kesehatan jika yang meninggalnya di rumah sakit. Namun jika meninggal di rumah, cukup surat kematian dari kepala desa.

Kemudian, ahli waris/wali membawa KTP dan Kartu Keluarga asli yang bersangkutan, foto copy akta kelahiran yang meninggal (bagi yang memiliki) dan foto kopi KTP dua orang saksi.

Untuk waktu pembuatan akta kematian relatif cepat, akta kematian bisa selesai dalam jangka waktu satu hari.

Kepada masyarakat yang hendak mengajukan pembuatan akta kematian, Emila menyarankan untuk menggunakan pendaftaran secara online.

“Untuk menghindari antrian yang rame dan tidak perlu datang dua kali ke Disdukcapil. Setelah melakukan pendaftaran online, besoknya warga hanya perlu datang sekali untuk menyerahkan berkas persyaratan dan mengambil akta kematian yang sudah jadi,” kata Emila.

Untuk pendaftaran online, masyarakat hanya perlu mengisi data di
https://disdukcapil.bandaacehkota.go.id

Emila juga berharap kepada warga Banda Aceh, apabila ada anggota keluarga yang meninggal agar segera dilaporkan ke Disdukcapil. “Ini berguna untuk kita update datanya dan kita perbaharui Kartu Keluarganya,” tutup Emila.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More