www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

Buka Puasa Dengan Sambal Ganja, Itu Halal!

0 534

Acehasia.com | Meulaboh – Kebanyakan orang Indonesia menyukai sambal. Sajian berbuka puasa bisa saja belum lengkap rasanya kalau tidak ditemani dengan makanan pedas tersebut. Meriahnya makan bagi kebanyakan orang justru karena cita rasa yang ditimbulkan dari paduan rasa gurih lagi pedas.

Di Aceh sendiri, khususnya Aceh bagian Barat sangat familiar dengan sambal, salah satunya sambal Ganja. Ya, meskpun memiliki sebutan sambal Ganja, tapi samabal ini justru halal dan dapat dikonsumsi kapan saja. Apalagi saat berbuka puasa, jenis sambal ini akan menambah nafsu makan anda.

Hal ini karena sambal ganja tidak dibuat dengan bahan dasar ataupun campuran dari ganja yang merupakan salah satu jenis narkotika yang dilarang.

Diberi nama ganja karena rasanya yang begitu lezat dan bisa membuat si penikmaat ketagihan lagi dan lagi.

Seperti yang diungkapkan Flora, pemilik Azakayaka Catering asal Banda Aceh saat live instagram dengan tagline #ngobrolkulinerdirumahAja bersama Wiliamwongso sang pakar kuliner senior Indonesia, salah satu kuliner yang dikenalkan Flora adalah sambal ganja yang dapat dikonsumsi saat dirumah saja.

Di Aceh nyaris tak ada sambal khas yang terkenal se Indonesia. Namun masyarakat Aceh sering menjadikan segala aneka bumbu bercitarasa asam pedas gurih sebagai teman menyantap nasi.

Nama lain sambal Ganja yaitu Asam Udeung (Asam Udang). Masyarakat Aceh biasanya juga mengolah ikan dengan bumbu bercita rasa asam gurih yang dinamakan dengan Asam Keu eung (asam pedas) dan keumamah yang merupakan menu andalan keluarga di Aceh pada umumnya.

“Berbeda dengan daerah lain, kalau sambal di Aceh itu sudah seperti lauk, karena jenisnya bukan sambal bawang atau sambal cabe, di Aceh ada sambal Keumamah dan asam Udang,” terang Flora.

Samabl Ganja, merupakan sambal mentah khas Aceh yang memakai udang dan belimbing wuluh sebagai bahan utamanya. Belimbing wuluh digunakan sebagai pembangkit rasa asam dan udang sebagai penonjol rasa gurih, sambal ganja paling sering dinikmati dengan nasi putih yang masih panas.

Seperti yang dilakukan oleh Nurhayati, ibu rumah tangga. Ia sering membuat sambal ini sebagai menu favorit keluarganya.

“Siapkan udang segar, belimbing wuluh dan beberapa bumbu dapur seperti garam, bawang merah dan cabe rawit. Sambal ganja juga harus dilengkapi dengan irisan daun jerut purut dan sereh,” terangnya kepada Acehasia.com.

Untuk membuatnya, langkah pertama yang harus dilakukan ialah  memastikan udang sudah dicuci bersih lalu dilumuri garam dan perasan jeruk nipis. Hal ini guna untuk menghilangkan bau amis, kemudian udang di goreng hingga kering. Langkah kedua, ulek kasar secra bersama cabai, bawang, daun jeruk dan sereh.

“Selanjutnya ulek belimbing wuluh yang sudah dipotong kecil-kecil tambahkan udang, kemudian di ulek lagi hingga tercampur rata,” tutupnya.

Setelah semuanya dihancurkan menjadi satu, maka sambal Ganja sudah siap untuk dinikmati untuk berbua puasa. (Len)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More