www.acehasia.com
Portal Berita Terpercaya dan Kredibel

BNPT dan FKPT Aceh Gelar Dialog Pencegahan Terorisme

0 692

Acehasia.com | Banda Aceh- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh mengelar dialog pencegahan terorisme dengan melibatkan Civitas Academica Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry di Aula Lantai Tiga Rektorat, Darussalam, Bnda Aceh. Rabu (28/8/2019).

Acara yang mengunsung tema “Jaga Kampus Kita” ini bertujuan untuk membentengi para akademisi supaya tidak mudah terpengaruh dengan paham yang menyimpang seperti radikal dan kelompok terorisme.

Kegiatan tersebut diikuti oleh civitas akademika selingkungan FISIP, Mahasiswa serta ratusan mahasiswa baru (maba) yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tingkat Fakultas.

Ketua FKPT Aceh, Prof Hasbi Amirudin dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya kita mengadakan diskusi ini untuk mencegah berbagai macam paham dan isu radikalisme kedepan.


“Sejauh ini berdasarkan pengamatan kita, alhamdulillah UIN Ar-Raniry tidak ada paham-paham radikalisme yang muncul, apalagi terlibat terorisme,” ujarnya.

Rektor UIN Ar Raniry, Prof Warul Walidin dalam sambutanya mengatakan apresiasi kepada BNPT dan FKPT Aceh yang telah memilih UIN Ar Raniry sebagai tempat kita berdialog.

“Dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman masyarakat, kurikulum pembelajaran tidak terlepas dari perpaduan antara nilai-nilai keislaman, ilmu pengetahuan modern dan wawasan kebangsaan,” sebutnya.

Ia juga menambahkan perguruan yang dipimpinnya tidak ditemukan atau bersih dari perilaku intoleransi, radikalisme dan terorisme.

“Kampus ‘Jantong hate rakyat Aceh’ secara tegas saya katakan tidak ada yang menganut paham radikalisme, karena kita selalu mengkempanyekan pendidikan yang berkarakter islami, Saling menghargai perbedaan dan toleransi,” tambahnya.

Adapun, acara ini turut dihadiri oleh narasumber handal dan sangat paham tentang isu yang berkembang selama ini di Indonesia, yaitu Brigjen Hamli (Direktur Pencegahan BNPT), Yudi Zulfahri (Mantan Anggota Jaringan Terorisme), Dr. Muhkliuddin Ilyas (Peneliti FKPT Aceh) dan Muhammad Thalal (Dosen UIN Ar-Raniry). (Sayuti)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More